Senat AS dengan Suara Bulat Kutuk Putin sebagai Penjahat Perang

Rabu, 16 Maret 2022 - 18:25 WIB
loading...
Senat AS dengan Suara Bulat Kutuk Putin sebagai Penjahat Perang
Senat AS dengan Suara Bulat Kutuk Putin sebagai Penjahat Perang. FOTO/TASS
A A A
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) pada Selasa (15/3/2022) dengan suara bulat mengesahkan resolusi yang mengutuk Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang. Ini sebuah pencapaian persatuan yang langka di Kongres AS yang terpecah.

Resolusi tersebut, yang diperkenalkan oleh Senator Republik Lindsey Graham dan didukung oleh senator dari kedua belah pihak, mendorong Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag dan negara-negara lain untuk menargetkan militer Rusia dalam setiap penyelidikan kejahatan perang yang dilakukan selama invasi Rusia ke Ukraina.



"Kita semua di kamar ini bergabung bersama, dengan Demokrat dan Republik, untuk mengatakan bahwa Vladimir Putin tidak dapat lepas dari pertanggungjawaban atas kekejaman yang dilakukan terhadap rakyat Ukraina," kata Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat Chuck Schumer, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid, mengatakan, Inggris akan membantu mengumpulkan bukti yang diperlukan. Javid dimintai tanggapannya atas berita bahwa seorang wanita hamil yang diperlihatkan dalam foto yang banyak digunakan ditandu keluar dari rumah sakit bersalin yang dibom di kota Mariupol, Ukraina.

“Ini memenuhi saya dengan kemarahan untuk melihat sesuatu seperti itu. Ini adalah kekejaman mengerikan yang dilakukan terhadap warga sipil tak berdosa di Ukraina oleh Rusia,” kata Javid, seperti dikutip dari Guardian.



Ia juga mengatakan, Organisasi Kesehatan Dunia telah mendokumentasikan 31 serangan sejauh ini terhadap fasilitas kesehatan. "Ini adalah kejahatan perang dan Putin akan bertanggung jawab. Dia pada akhirnya akan bertanggung jawab secara pasti oleh pengadilan internasional,” lanjutnya.

Ditanya tentang potensi dukungan NATO untuk Ukraina, Javid menekankan bahwa aliansi itu adalah "organisasi defensif," tetapi memperingatkan konsekuensi bagi Rusia jika negara-negara NATO menjadi sasaran, setelah serangan di dekat perbatasan Polandia.

“Jika satu langkah Rusia masuk ke wilayah NATO, itu akan dianggap sebagai tindakan perang,” kata Javid.



Semalam, departemen Javid mengumumkan bahwa 21 anak Ukraina yang menderita kanker telah tiba di Inggris dengan anggota keluarga dekat untuk menjalani perawatan NHS.

Rusia menyebut tindakannya sebagai "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Putin juga menyebut Ukraina sebagai koloni AS dengan rezim boneka dan tidak memiliki tradisi kenegaraan yang merdeka. Moskow belum merebut satu pun dari 10 kota terbesar di negara itu setelah serangannya yang dimulai pada 24 Februari, serangan terbesar terhadap negara Eropa sejak 1945.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)