Zelensky: Rusia Sudah Serang Dekat Perbatasan Polandia, Bakal Serang Negara NATO!

Senin, 14 Maret 2022 - 11:05 WIB
loading...
Zelensky: Rusia Sudah Serang Dekat Perbatasan Polandia, Bakal Serang Negara NATO!
Pangkalan militer Ukraina di Yavoriv luluh lantak diserang Rusia. Pangkalan ini berada di dekat Polandia, negara anggota NATO. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin (14/3/2022) memperingatkan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara ( NATO ) bahwa negara-negara anggotanya akan segera diserang pasukan Rusia .

Peringatan disampaikan setelah serangan udara Moskow sudah menghantam pangkalan militer Ukraina di dekat perbatasan Polandia. Polandia merupakan satu dari 30 negara anggota NATO.

Serangan udara Rusia pada Sabtu malam hingga Minggu membawa perang jauh ke barat, menewaskan 35 orang dan melukai 134 lainnya di sebuah pangkalan militer dekat Yavoriv, di luar kota Lviv, wilayah Ukraina yang sangat dekat dengan Polandia.

“Jika Anda tidak menutup langit kami, hanya masalah waktu sebelum rudal Rusia jatuh di wilayah Anda, di wilayah NATO, di rumah warga NATO,” kata Zelensky dalam pidato video yang dirilis tak lama setelah Minggu tengah malam, mendesak NATO untuk memberlakukan zona larangan terbang di negaranya.



Washington dan sekutu Uni Eropa-nya telah mengirim dana dan bantuan militer ke Ukraina dan memberlakukan sanksi ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia.

Zelensky terus memohon rekan-rekan asing untuk berbuat lebih banyak.

"Tahun lalu, saya dengan jelas memperingatkan para pemimpin NATO bahwa jika tidak ada sanksi pencegahan yang keras terhadap Federasi Rusia, itu akan menjadi perang," kata Zelensky. "Kami benar," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Lebih jauh ke timur, pertempuran terakhir di pinggiran kota Kiev menyebabkan seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) tewas - reporter asing pertama yang tewas sejak invasi Rusia ke tetangganya pada 24 Februari.

"Kiev. Kota yang dikepung," tulis penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, di Twitter. Dia mengatakan kota itu sedang mempersiapkan "pertahanan yang kejam".

Sementara itu, upaya terus mendapatkan bantuan ke Mariupol, yang menurut lembaga bantuan sedang menghadapi bencana kemanusiaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)