Tampung Pengungsi Ukraina, Warga Inggris Dibayar Rp6,5 Juta

Minggu, 13 Maret 2022 - 13:44 WIB
loading...
Tampung Pengungsi Ukraina, Warga Inggris Dibayar Rp6,5 Juta
Pengungsi dari Ukraina mengantri untuk berlindung saat mereka menunggu transportasi setelah melarikan diri dari invasi Rusia di pos pemeriksaan perbatasan di Medyka, Polandia. Foto/REUTERS/Fabrizio Bensch
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris pada Minggu (13/3/2022) mengumumkan akan membayar warga yang membuka rumahnya untuk pengungsi asal Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia . Pemerintah Inggris dihujani kritik atas responsnya terhadap krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Skema yang disebut "Rumah untuk Ukraina" akan membiarkaan pengungsi perang Ukraina-Rusia untuk datang ke Inggris meski mereka tidak memiliki ikatan keluarga. Inggris akan membayar warganya sebesar 350 pounds atau sekitar Rp6,5 juta per bulan selama enam bulan jika mereka menawarkan pengungsi kamar atau properti cadangan.

Pemerintah Inggris mengatakan di bawah skema baru, anggota masyarakat, badan amal, bisnis dan kelompok masyarakat harus dapat menawarkan akomodasi melalui halaman web pada akhir minggu depan.



"Inggris berdiri di belakang Ukraina di saat-saat tergelap mereka dan publik Inggris memahami perlunya menyelamatkan sebanyak mungkin orang secepat mungkin," kata Menteri Perumahan Inggris, Michael Gove, dalam sebuah pernyataan.

"Saya mendesak orang-orang di seluruh negeri untuk bergabung dalam upaya nasional dan menawarkan dukungan kepada teman-teman Ukraina kita. Bersama-sama kita dapat memberikan rumah yang aman bagi mereka yang sangat membutuhkannya," sambungnya seperti dikutip dari Reuters.

Siapa pun yang menawarkan kamar atau rumah harus menunjukkan bahwa akomodasi tersebut memenuhi standar dan mereka mungkin harus menjalani pemeriksaan catatan kriminal.



Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah berusaha untuk menggambarkan Inggris sebagai pemimpin respons global terhadap invasi Rusia, yang Moskow sebut sebagai "operasi khusus." Meski begitu, pemerintahnya telah menghadapi kritik atas keterlambatan dalam menerima pengungsi.

Anggota parlemen dari semua partai politik utama telah menyerang desakan pemerintah agar warga Ukraina mencari visa dan tes biometrik sebelum tiba di Inggris, dengan mengatakan pemerintah Inggris memprioritaskan birokrasi di atas kesejahteraan mereka yang melarikan diri dari perang.

Jumlah pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina bisa meningkat menjadi lebih dari 4 juta, dua kali lipat dari perkiraan saat ini sekitar 2 juta, kata Badan Pengungsi PBB pekan lalu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)