AS Khawatir Sistem Rudal untuk Ukraina Jatuh ke Tangan yang Salah

Minggu, 13 Maret 2022 - 03:30 WIB
loading...
AS Khawatir Sistem Rudal untuk Ukraina Jatuh ke Tangan yang Salah
Tentara Ukraina operasikn senjata anti-tank NLAW pasokan Inggris. AS khawatir sistem rudal Amerika dan NATO untuk Ukraina akan jatuh ke tangan yang salah. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyuarakan kekhawatirannya setelah bersama negara-negara NATO memasok sistem rudal portabel ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia . Washington khawatir, senjata yang dapat menjatuhkan pesawat itu akan jatuh ke tangan yang salah.

Pengiriman senjata Barat, yang lain diharapkan tiba dalam beberapa jam mendatang, sangat penting untuk memungkinkan Kiev memerangi pasukan Moskow yang menyerang jauh lebih efektif dan ganas daripada yang diperkirakan intelijen AS.

Tetapi memindahkan jumlah persenjataan itu ke dalam konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II membawa risiko bahwa beberapa senjata dapat jatuh ke tangan yang salah—sebuah kemungkinan yang telah dipertimbangkan oleh Barat.

“Terus terang, kami percaya bahwa risiko layak diambil saat ini karena Ukraina bertempur dengan sangat terampil dengan alat yang mereka miliki dan mereka menggunakannya dengan sangat kreatif,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS pada hari Jumat ketika ditanya tentang bahaya itu, seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (12/3/2022).



Sistem rudal yang sangat portabel seperti sistem rudal permukaan-ke-udara Stinger, yang merupakan jenis man-portable air defence systems (MANPADS), dapat membantu memenangkan perang. Namun, di masa lalu, senjata-senjata serupa telah hilang, dijual, atau berakhir di gudang senjata kelompok bersenjata.

Misalnya, ratusan Stinger yang dipasok oleh AS dipandang sebagai kunci untuk membantu kelompok Mujahidin mengusir pasukan Soviet keluar dari Afghanistan dalam konflik yang berlangsung pada 1980-an dan 1990-an.

Tetapi AS kemudian menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencoba memulihkan MANPADS yang tidak digunakan dari negara itu dan zona konflik lainnya di seluruh dunia.

Dalam sebuah studi yang didanai Pentagon pada 2019, kelompok think-tank RAND Corporation memperkirakan bahwa lebih dari 60 pesawat sipil telah terkena MANPADS sejak tahun 1970-an, menewaskan lebih dari 1.000 warga sipil.

Pada 2019, 57 kelompok bersenjata non-negara dipastikan memiliki atau diduga memiliki MANPADS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)