Foto Satelit: Konvoi Pasukan Rusia di Luar Kiev Telah Menyebar

Jum'at, 11 Maret 2022 - 09:51 WIB
loading...
Foto Satelit: Konvoi Pasukan Rusia di Luar Kiev Telah Menyebar
Foto satelit memperlihatkan konvoi pasukan Rusia di luar Kiev telah menyebar. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Foto-foto satelit menunjukkan bahwa konvoi besar pasukan Rusia yang berada di luar Ibu Kota Ukraina , Kiev, sejak pekan lalu tampaknya telah menyebar.

Fotosatelit dari Maxar Technologies menunjukkan jalur kendaraan, tank dan artileri sepanjang 64 kilometer telah putus dan telah dipindahkan, dengan unit lapis baja terlihat di kota-kota dekat Bandara Antonov di utara kota.

"Beberapa kendaraan telah pindah ke hutan," Maxar melaporkan seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (11/3/2022).



Konvoi itu telah berkumpul di luar kota awal pekan lalu, tetapi kemajuannya tampaknya terhenti di tengah laporan kekurangan makanan dan bahan bakar. Para pejabat Amerika Serikat mengatakan pasukan Ukraina juga menargetkan konvoi dengan rudal anti-tank.

Sebelumnya dilaporkan, Rusia telah mengarahkan armada kendaraan lapis baja mereka ke tepi timur laut Kiev. Pasukan merayap lebih dekat dalam upaya mereka untuk mengepung ibukota Ukraina.

Sebuah tim AFP melihat gumpalan asap membubung di atas desa Skybyn, hanya beberapa ratus meter melewati pos pemeriksaan terakhir yang menandai batas timur laut kota Kiev.

Baca juga: Strategi Kepung Ibukota, Rusia Geser Pasukan ke Timur Laut Kiev

Pasukan Rusia perlahan-lahan mengepung Kiev, mencapai tepi barat lautnya pada hari pertama serangan mereka di Ukraina pada 24 Februari. Pinggiran barat laut Kiev, seperti Irpin dan Bucha telah mengalami kebakaran dan pemboman selama lebih dari seminggu, yang mendorong upaya evakuasi massal.

Sementara jalan-jalan menuju timur laut, yang mengarah ke desa-desa berpenduduk sedikit, sebagian besar telah dibuka pada minggu pertama serangan Rusia. Namun, pasukan Rusia melancarkan serangan udara mematikan di kota Chernihiv, sekitar 125 kilometer, pekan lalu.

Mereka telah membuat kemajuan pesat menuju Kiev sejak itu, meninggalkan kota berpenduduk 3 juta orang dengan hanya jalan selatannya yang terbuka untuk kemungkinan evakuasi dan pengiriman pasokan baru.

Baca juga: Inggris Sebut Pasukan Rusia Hanya Beberapa Kilometer Menuju Kiev
(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3472 seconds (11.210#12.26)