Terkepung, Warga Mariupol Mengubur Korban Tewas di Kuburan Massal

Rabu, 09 Maret 2022 - 22:28 WIB
loading...
Terkepung, Warga Mariupol Mengubur Korban Tewas di Kuburan Massal
Terkepung, warga Mariupol mengubur korban tewas di kuburan massal. Foto/Washington Post
A A A
MARIUPOL - Di bawah pemboman Rusia yang terus-menerus, para pekerja di kota pelabuhan Mariupol, selatan Ukraina , yang terkepung dengan tergesa-gesa dan tanpa basa-basi mengubur sejumlah warga sipil dan tentara Ukraina yang tewas di kuburan massal .

Dengan jumlah korban tewas yang membuat kamar mayat over kapasitas dan lebih banyak mayat dikumpulkan tidak di rumah-rumah, pejabat kota memutuskan tidak bisa menunggu untuk melakukan pemakaman secara individual.

Dikutip dari AP, Rabu (9/3/2022), sebuah lubang sedalam sekitar 25 meter digali di kuburan tua di jantung kota dipenuhi dengan mayat yang dikumpulkan oleh pekerja dinas sosial kota dari kamar mayat dan rumah pribadi.



Ada yang dibawa berbungkus karpet atau kantong plastik. Empat puluh mayang datang hari Selasa, dan hari ini 30 lainnya. Mereka termasuk korban sipil penembakan di kota dan tentara, serta warga sipil yang meninggal karena penyakit atau penyebab alami.

Pekerja kota lainnya juga membawa jenazah sehingga jumlah yang dikubur cepat meningkat dan total di kuburan yang panjang kini menjadi tidak jelas.

Pekerja dengan cepat membuat tanda salib setelah mendorong mayat ke kuburan umum. Tidak ada anggota keluarga atau pelayat lainnya yang hadir untuk mengucapkan selamat tinggal.



Pekerjaan dilakukan secara efisien, dan tanpa basa-basi, sebagai akibat dari bahaya yang selalu ada. Rudal mendarat di kuburan itu sendiri pada hari Selasa, mengganggu penguburan dan merusak dinding.

Kota Mariupol berencana untuk menutup kuburan ini pada Kamis, jika pengeboman berhenti cukup lama untuk memungkinkan para pekerja melakukannya.

Di gerbang kuburan, seorang wanita bertanya apakah ibunya termasuk di antara mereka yang dimakamkan. Dia mengatakan dia telah meninggalkan tubuhnya tiga hari sebelumnya di luar kamar mayat, dengan label kertas yang menyebutkan namanya terlampir. Ibunya dimakamkan di sana, kata para pekerja kepada wanita itu, yang menolak menyebutkan namanya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)