Rusia Bongkar Rencana Ukraina Rebut Paksa Donbass, Instruktur AS Diduga Terlibat

Rabu, 09 Maret 2022 - 17:49 WIB
loading...
Rusia Bongkar Rencana Ukraina Rebut Paksa Donbass, Instruktur AS Diduga Terlibat
Rusia meliris dokumen yang disita dari otoritas Ukraina yang menunjukkan rencana Kiev merebut Donbass secara paksa. Foto/sputnik/telegram
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia merilis dokumen publik yang mengkonfirmasi persiapan oleh otoritas Ukraina untuk menggelar operasi ofensif di Donbass pada Maret.

Kemhan Rusia mengungkap dokumen itu pada Rabu (9/3/2022) untuk menegaskan bahwa operasi militer Moskow ke Ukraina punya alasan yang sangat kuat.



Ketika operasi khusus Rusia untuk demiliterisasi dan de-Nazifikasi Ukraina berlanjut, Kementerian Pertahanan pada Selasa menyatakan angkatan bersenjata Rusia telah menghancurkan 2.581 sasaran militer di Ukraina sejak peluncuran operasi pada 24 Februari.



“Selama operasi militer khusus, dokumen rahasia komando Garda Nasional Ukraina menjadi milik militer Rusia. Dokumen-dokumen ini mengkonfirmasi persiapan rahasia oleh rezim Kiev untuk operasi ofensif di Donbass yang dijadwalkan pada Maret 2022," ungkap perwakilan resmi Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov, dilansir Sputnik.



Kementerian Pertahanan Rusia mengingat dengan baik pernyataan yang dibuat rezim Kiev, yang diedarkan pada Februari oleh media Barat, tentang dugaan tidak adanya rencana perebutan paksa bersenjata terhadap Republik Rakyat Lugansk dan Donetsk (LPR, DPR).



Saat itu Ukraina berdalih hanya menginginkan cara politik dan diplomatik untuk mengatasi konflik di Donbass.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)