Pentagon Perkirakan 2.000 hingga 4.000 Tentara Rusia Tewas di Ukraina

Rabu, 09 Maret 2022 - 04:14 WIB
loading...
Pentagon Perkirakan 2.000 hingga 4.000 Tentara Rusia Tewas di Ukraina
Pentagon memperkirakan 2.000 hingga 4.000 tentara Rusia tewas di Ukraina. Foto/emerging-europe.com
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pihaknya memperkirakan antara 2.000 dan 4.000 tentara Rusia telah tewas dalam invasi Moskow yang berlangsung hampir dua minggu ke Ukraina .

Penilaian itu dilakukan ketika para pemimpin pertahanan dan intelijen AS melukiskan gambaran yang gamblang tentang Presiden Rusia Vladimir Putin yang agresif dan dirugikan serta kemungkinan bahwa ia akan terus menyebarkan invasi skala penuh ke negara tetangga Ukraina dalam menghadapi oposisi global besar-besaran.

Ditanya di Komite Intelijen DPR berapa banyak tentara Rusia yang tewas hingga saat ini dalam operasi militer, Letnan Jenderal Scott Berrier, direktur Badan Intelijen Pertahanan Pentagon, mengatakan antara 2.000 dan 4.000.



Namun Berrier menambahkan bahwa perkiraan tersebut dianggap "kepercayaan rendah" karena digabungkan menggunakan kombinasi sumber intelijen dan data sumber terbuka .

Rusia, dalam rilis angka kematian militer yang jarang, mengatakan pada 2 Maret bahwa 498 tentaranya telah tewas. Ukraina pada saat itu mengatakan pihaknya yakin angka itu lebih tinggi.

Direktur CIA William Burns mengatakan kepada panel DPR bahwa dia yakin Ukraina dan perang yang didorong Moskow adalah masalah "keyakinan pribadi yang mendalam" bagi Putin.



"Dia telah mendidih dalam kombinasi yang mudah terbakar antara keluhan dan ambisi," kata Burns seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu (9/3/2022).

Burns memperkirakan beberapa minggu ke depan sesuatu yang buruk akan terjadi di Ukraina karena Presiden Rusia Vladimir Putin merasa frustasi. Tetapi dia juga menyatakan keyakinannya bahwa Ukraina akan terus melawan dengan keras dan efektif.

Sedangkan Direktur Intelijen Nasional (DNI), Avril Haines, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Putin tidak mengantisipasi lingkup penuh dari tekanan balik ekonomi, perdagangan dan diplomatik global terhadap Rusia.

Tetapi dia juga mengatakan bahwa penilaian DNI bahwa Putin tidak mungkin terhalangi dari kemunduran seperti itu, dan melihat konflik itu sebagai “perang yang tidak bisa dia kalahkan.”

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)