Israel Bangun Jalan Baru The American, Hubungkan Pemukiman Yahudi

Selasa, 16 Juni 2020 - 04:03 WIB
loading...
Israel Bangun Jalan Baru The American, Hubungkan Pemukiman Yahudi
Jalan yang disebut The American Road itu akan menghubungkan sejumlah pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem. Foto/REUTERS
A A A
YERUSALEM - Israel membangun jalan baru di Yerusalem yang dicurigai dapat menghalangi harapan Palestina menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan.

Jalan pintas yang disebut The American Road itu akan menghubungkan sejumlah pemukiman Yahudi di Tepi Barat di utara dan selatan Yerusalem. Bagian tengah dan selatan jalan itu telah dibangun dan akan dilanjutkan ke utara.

“Proyek jalan itu menelan biaya USD187 juta yang akan dikeluarkan hingga akhir tahun,” papar sumber pejabat daerah Yerusalem pada Reuters secara anonim.

Proyek alan itu akan membentang sepanjang atau dekat lingkar luar Yerusalem Timur, yang diperkirakan menghabiskan dana lebih dari seperempat miliar dolar.

Israel mencaplok Yerusalem Timur setelah menguasai wilayah itu pada perang 1967. Pembangunan jalan itu dilakukan saat pemerintah Israel memulai diskusi level kabinet mulai 1 Juli tentang penerapan janji pemilu Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu untuk mencaplok pemukiman Yahudi di Tepi Barat.

Para pejabat Israel menjelaskan, jalan itu termasuk 1,6 km terowongan timur Gunung Olives, akan mengurangi kepadatan lalu lintas untuk warga Israel dan Palestina yang hidup di wilayah itu.

“Ini tidak menyatukan sejumlah pemukiman. Ini bukan tentang menyatukan jalur perbatasan atau wilayah,” kata Arieh King, Deputi Walikota Yerusalem dan tokoh ternama dalam gerakan pemukiman kota itu.

“Tapi ini menghubungkan mereka dalam level harian, baik dalam pendidikan, pariwisata atau perdagangan. Dan secara praktek Anda menciptakan metropolis Yerusalem yang besar,” papar dia.

Warga Palestina menganggap jalan baru itu akan lebih menguntungkan para penghuni pemukiman Yahudi dan semakin merusak kemungkinan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan Palestina.

“Proyek ini memutus wilayah Palestina di dalam kota dari satu daerah dengan daerah lainnya,” ujar Fadi Al Hidmi, Menteri Urusan Yerusalem Palestina.

Al Hidmi menjelaskan, “The American Road itu bagian dari proyek jalan lingkar ilegal yang mengelilingi Yerusalem Timur untuk semakin menghubungkan pemukiman-pemukiman Israel dan memutus ibu kota Palestina dari Tepi Barat.” (Lihat Video: Pesawat Tempur TNI AU Jatuh dan Terbakar di Riau)

Lebih dari 400.000 warga Israel telah tinggal di sejumlah pemukiman di Tepi Barat, dan 200.000 orang lainnya di Yerusalem Timur. (Lihat Video: Toko Sepeda di Solo Dibanjiri Pembeli Setelah Menjadi Tren Baru di Tengah Pandemi)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)