Invasi Hari Ke-9: Rusia Tembaki Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Ukraina

Jum'at, 04 Maret 2022 - 08:35 WIB
loading...
Invasi Hari Ke-9: Rusia Tembaki Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Ukraina
Pasukan Rusia serang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia di Ukraina ketika invasi memasuki hari kesembilan. Foto/The Mirror
A A A
KIEV - Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari kesembilan pada Jumat (4/3/2022). Dalam serangannya, pasukan Moskow menembaki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia.

"Pasukan Rusia menembak dari semua sisi ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia yang terbakar," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, seperti dikutip Al Jazeera.

“Jika meledak, itu akan menjadi 10 kali lebih besar dari Chornobyl!” lanjut dia di Twitter, merujuk pada situs nuklir lain di mana radioaktivitas masih bocor dari bencana nuklir terburuk dalam sejarah 36 tahun lalu.

"Rusia harus segera menghentikan tembakan, mengizinkan petugas pemadam kebakaran, membangun zona keamanan!” imbuh Kuleba.



Wali Kota Enerhodar, Dmytro Orlov, mengatakan sejauh ini petugas pemadam kebakaran belum dapat mulai memadamkan api di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia. Sebab, penembakan sedang berlangsung.

Menurutnya, pembangkit listrik itu telah dibakar sebelumnya, tak lama setelah serangan pasukan Moskow.

Wali kota itu menambahkan, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia merupakan yang terbesar dari jenisnya di Eropa.

“Sebagai akibat dari serangan musuh yang terus menerus terhadap bangunan dan unit pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhya terbakar,” imbuh Orlov.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0846 seconds (0.1#10.140)