Invasi Hari Ke-8: Tentara Rusia Bermunculan di Jalan-jalan Kherson Ukraina

Kamis, 03 Maret 2022 - 08:37 WIB
loading...
Invasi Hari Ke-8: Tentara Rusia Bermunculan di Jalan-jalan Kherson Ukraina
Pasukan Rusia bermunculan di jalan-jalan wilayah Kherson, Ukraina, saat invasi Moskow memasuki hari kedelapan, Kamis (3/3/2022). Foto/State Border Guard Service of Ukraine/Handout via REUTERS
A A A
KHERSON - Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari kedelapan, Kamis (3/3/2022). Tentara Moskow bermunculan di jalan-jalan Kherson dan memaksa masuk ke gedung dewan kota setempat.

Wali Kota Kherson, Igor Kolykhayev, kepada Reuters, mengonfirmasi kemunculan para tentara Moskow di jalan-jalan.

Moskow sebelumnya mengeklaim sudah mengambil alih Kherson, namun pemerintah Ukraina menepis klaim tersebut.

Kolykhayev mendesak tentara Rusia untuk tidak menembak warga sipil. Dia juga secara terbuka meminta penduduk untuk berjalan di jalan-jalan hanya di siang hari.



"Kami tidak memiliki Angkatan Bersenjata di kota, hanya warga sipil dan orang-orang yang ingin tinggal di sini!" katanya dalam sebuah pernyataan.

Secara terpisah, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan Kherson sudah berada di bawah kontrol penuh tentara Moskow.

Dia mengatakan bahwa infrastruktur sipil kota, fasilitas penting dan transportasi beroperasi seperti biasa dan tidak ada kekurangan makanan atau barang penting.

Sementara itu, sebuah resolusi PBB yang menegur Moskow atas invasinya ke Ukraina didukung oleh 141 dari 193 anggota majelis.
Resolusi itu disahkan dalam sesi darurat yang langka, yang menjadi kemenangan simbolis bagi Ukraina dalam meningkatkan isolasi internasional terhadap Moskow.

"Lebih banyak yang dipertaruhkan bahkan daripada konflik di Ukraina itu sendiri," kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken kepada wartawan setelah pemungutan suara di Majelis Umum PBB.

"Ini adalah ancaman bagi keamanan Eropa dan seluruh tatanan berbasis aturan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)