Biden Nyatakan AS Tak Cemas Putin Bakal Nekat Luncurkan Perang Nuklir

Rabu, 02 Maret 2022 - 00:51 WIB
loading...
A A A
Meski Biden menyatakan AS tidak takut perang di Ukrina berubah jadi konflik nuklir, sebuah jajak pendapat Universitas Quinnipiac yang dirilis Senin menemukan bahwa 63 persen orang Amerika khawatir bahwa Rusia dapat menggunakan senjata nuklir jika NATO berusaha untuk campur tangan dalam konflik tersebut.

Hampir tiga perempat dari kubu Demokrat (74 persen) mengatakan mereka khawatir tentang perang nuklir, dibandingkan dengan 65 persen dari Partai Republik dan 57 persen dari kelompok independen.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, sekutu penting Putin, hari Minggu mengeklaim bahwa sanksi terhadap Rusia dapat menyebabkan Perang Dunia III—meskipun AS belum menargetkan industri utama Rusia, seperti ekspor minyak dan gas.

“Banyak yang dibicarakan tentang sektor perbankan. Gas, minyak, SWIFT,” kata Lukashenko. “Ini lebih buruk dari perang. Rusia sedang didorong menuju Perang Dunia III. Kita harus sangat berhati-hati dan menghindarinya. Karena perang nuklir adalah akhir dari segalanya.”

Setelah awalnya mengumumkan sanksi terbatas pekan lalu, Gedung Putih selama akhir pekan memberlakukan sanksi tambahan yang menargetkan kekayaan pribadi Putin yang besar sambil memotong bank-bank Rusia dari sistem transaksi internasional SWIFT.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)