MH370 Berputar-putar 20 Menit, Kuatkan Teori Pilot Sengaja Menjatuhkannya

Kamis, 24 Februari 2022 - 10:29 WIB
loading...
MH370 Berputar-putar 20 Menit, Kuatkan Teori Pilot Sengaja Menjatuhkannya
Film dokumenter baru menunjukkan pesawat Malaysia Airlines MH370 berputar-putar 20 menit sebelum lenyap misterius pada 2014. Itu memperkuat teori bahwa pilot senjata menjatuhkannya. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Sebuah film dokumenter dari Sky News Australia memperkuat teori bahwa Malaysia Airlines Penerbangan MH370 sengaja dijatuhkan oleh pilotnya, Kapten Zaharie Ahmad Shah. Pesawat itu diketahui terbang berputar-putar 20 menit sebelum lenyap misterius pada 8 Maret 2014.

Film dokumenter terbaru dari Sky News Australia telah dirilis hari Rabu.

Dalam dokumenter “MH370: The Final Search", penulis penerbangan dan mantan pilot komersial; Mike Glynn, mengatakan dia yakin pola penahanan 22 menit yang ditemukan di jalur penerbangan Boeing yang nahas itu mungkin memegang kunci nasib pesawat.



“Tidak ada alasan untuk melakukan itu,” kata Glynn tentang jalur penerbangan melingkar di lepas pantai Sumatra.

“Teori saya selalu bahwa kaptenlah yang bertanggung jawab,” katanya lagi, seperti dikutip news.com.au, Kamis (24/2/2022).

Menurutnya, data menunjukkan bahwa 22 menit adalah waktu kemungkinan negosiasi antara pilot; Kapten Zaharie Ahmad Shah, dan orang lain.

Motif Shah, menurut teori Glynn, adalah kemarahan atas penangkapan kerabat jauhnya yang juga pemimpin oposisi Malaysia; Anwar Ibrahim.

Namun, pakar lain yang diwawancarai dalam film dokumenter itu mempertanyakan motif tersebut.

"Apakah cukup baginya untuk mengambil tindakan drastis seperti itu tanpa mengatakan dia melakukannya?" kata jurnalis Ean Higgins. “Itu sulit untuk dikatakan.”

Pihak berwenang telah lama fokus pada tuduhan bahwa Kapten Shah menjatuhkan pesawat MH370 dengan sengaja.

Penyelidik Prancis melaporkan pada 2019 bahwa Shah kemungkinan mengendalikan pesawat "sampai akhir".

Kemungkinan motif berlimpah. Sebuah laporan di Atlantic menyatakan Shah secara klinis mengalami depresi dan dalam pernikahan yang bermasalah.

Mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan kepada kru dokumenter Sky News pada tahun 2020 bahwa pihak berwenang Malaysia telah menduga kecelakaan itu adalah pembunuhan-bunuh diri yang disengaja.

“Pemahaman saya yang sangat jelas, dari tingkat paling atas pemerintah Malaysia, adalah bahwa sejak awal, mereka mengira itu adalah pembunuhan-bunuh diri oleh pilot,” kata Abbott kepada para pewawancara.

"Saya tidak akan mengatakan siapa mengatakan apa kepada siapa, tetapi izinkan saya mengulangi, saya ingin benar-benar jelas, dipahami pada tingkat tertinggi bahwa ini hampir pasti pembunuhan-bunuh diri oleh pilot," katanya.

Dalam film dokumenter hari Rabu, Direktur Krisis Malaysia Airlines Fuad Sharuji membantah tuduhan pembunuhan-bunuh diri.

“Saya tidak melihatnya sebagai orang yang bisa melakukan itu,” kata Sharuji kepada news.com.au.

“Dia telah terbang sebagai Kapten di 777 sejak 1998...jadi kapten yang sangat senior.”

Boeing 777 menghilang pada tahun 2014 dengan 239 orang di dalamnya, termasuk beberapa warga negara Indonesia. Pesawat itu dijadwalkan terbang ke Beijing dari Kuala Lumpur.

Seseorang di kokpit melakukan kontak dengan kontrol lalu lintas udara Malaysia tepat sebelum pukul 01.20 pada tanggal 8 Maret 2014, mengatakan "All right, goodnight."

Pesawat gagal check-in dengan pengontrol di Kota Ho Chi Minh saat terbang ke wilayah udara Vietnam tak lama setelah itu.

Tidak ada panggilan darurat yang diterima.

Radar menunjukkan bahwa pesawat kemudian berbelok secara dramatis keluar jalur dan terbang kembali di atas Semenanjung Malaya sebelum menuju ke Samudra Hindia dan menghilang total.

Pola penahanan 22 menit ditemukan pada tahun 2021 menggunakan laporan dari perangkat lunak yang melacak propagasi sinyal radio jarak jauh. Insinyur Richard Godfrey mencari gangguan dalam transmisi radio pada malam hilangnya MH370 untuk melacak pesawat yang hilang, menyamakan sinyal radio dengan "tripwires tak terlihat".

Meskipun ada puing-puing yang telah terdampar di enam negara, sebagian besar bagian pesawat MH370 yang hilang belum ditemukan.

Pencarian yang dipimpin oleh Australia dibatalkan pada tahun 2017. Sebuah perusahaan robotika AS, Ocean Infinity, mencari sekitar 50.000 mil persegi dasar laut pada tahun 2018 tetapi tidak berhasil.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)