Pejabat AS Dilaporkan Minta Presiden Ukraina Tinggalkan Kiev

Rabu, 23 Februari 2022 - 05:42 WIB
loading...
Pejabat AS Dilaporkan Minta Presiden Ukraina Tinggalkan Kiev
Pejabat AS dilaporkan telah membahas rencana dengan pemerintah Ukraina membawa Presiden Volodymyr Zelensky keluar dari Kiev jika terjadi invasi Rusia. Foto/NDTV
A A A
WASHINGTON - Pejabat pemerintahan Joe Biden telah membahas rencana dengan pemerintah Ukraina agar Presiden Volodymyr Zelensky meninggalkan Kiev jika terjadi invasi Rusia . Hal itu diungkapkan dua orang yang mengetahui diskusi tersebut.

Di bawah rencana yang telah dibahas, Zelensky akan pindah ke Lviv di Ukraina barat, sekitar 50 mil dari perbatasan Polandia, kata orang-orang yang akrab dengan diskusi tersebut.

Terlepas dari komentar Zelensky dalam beberapa pekan terakhir bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Barat melebih-lebihkan ancaman serangan Rusia, pemerintahnya diam-diam telah mempersiapkan kemungkinan serangan militer Rusia dan memindahkan infrastruktur IT yang sensitif dan elemen komando militer di luar Kiev, dua sumber dengan pengetahuan dari hal tersebut.



"Mereka telah melakukan semua yang perlu mereka lakukan untuk bersiap," kata sumber itu.

"Mereka melakukannya dengan sangat diam-diam," seperti dikutip dari NBC News, Rabu (23/2/2022).

Secara terpisah, Presiden AS Joe Biden dan Zelensky berbicara melalui telepon pada hari Senin, seorang pejabat Gedung Putih mengkonfirmasi.

Seorang juru bicara Zelensky mengatakan pemimpin Ukraina dan Biden belum membahas kemungkinan kepergiannya dari Kiev dan relokasi ke Lviv. Juru bicara itu tidak mengetahui apakah diskusi itu telah dilakukan di antara pejabat tingkat rendah di pemerintah AS dan Ukraina.



Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional menolak berkomentar ketika ditanya tentang diskusi antara pejabat AS dan Ukraina tentang rencana Zelensky jika Rusia menyerang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)