AS Ngotot Tuduh Rusia Bersiap Invasi, Ini 6 Opsi Militer Caplok Ukraina

Sabtu, 19 Februari 2022 - 01:07 WIB
loading...
A A A
“Invasi bisa terjadi dalam beberapa hari,” kata narator kementerian itu saat peta animasi menunjukkan jalan yang bisa ditempuh pasukan Rusia.

Sebelumnya, CSIS juga memaparkan kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina dengan menguraikan 6 opsi militer yang kemungkinan akan diambil Moskow.

Analisis lembaga think tank yang berbasis di Washington, yang ditulis oleh pensiunan perwira CIA Philip Wasielewski dan Seth Jones, direktur program keamanan internasional di CSIS, menggambarkan setidaknya tiga kemungkinan sumbu kemajuan jika Rusia memutuskan untuk merebut wilayah Ukraina.

“Sebuah dorongan utara, mungkin mencoba untuk mengepung pertahanan Ukraina di sekitar Kiev dengan mendekati melalui Belarusia, dorongan pusat maju ke barat ke Ukraina, dan dorongan selatan maju melintasi tanah genting Perekop,” tulis CSIS.

Tujuan utama Presiden Vladimir Putin adalah mengakhiri ekspansi NATO di depan pintu Rusia, di mana Kremlin mencari jaminan bahwa Belarusia, Ukraina, dan Georgia tidak akan pernah bergabung dengan blok keamanan pimpinan AS tersebut.

Moskow menginginkan lingkup pengaruh eksklusif atas Eropa Timur dan Kaukasus Selatan—wilayah yang meliputi Armenia, Georgia, dan Azerbaijan—untuk memenuhi kepentingan keamanannya, dan telah berjanji untuk menggunakan kekuatan militer untuk melindungi kepentingan tersebut.

Berdasarkan tujuan politik yang dinyatakan Rusia, berikut 6 opsi militer yang kemungkinan diambil Moskow terhadap Kiev sebagaimana dipaparkan CSIS.

1. Menerjunkan kembali beberapa pasukan daratnya dari perbatasan Ukraina—setidaknya untuk sementara—jika negosiasi berhasil tetapi terus membantu pemberontak pro-Rusia di Ukraina Timur.

2. Mengirim pasukan konvensional Rusia ke wilayah Donetsk dan Luhansk yang memisahkan diri sebagai "penjaga perdamaian" sepihak dan menolak untuk menarik mereka sampai pembicaraan damai berakhir dengan sukses dan Kiev setuju untuk menerapkan Kesepakatan Minsk.

3. Rebut wilayah Ukraina sejauh barat Sungai Dnepr untuk digunakan sebagai alat tawar-menawar atau menggabungkan wilayah baru ini sepenuhnya ke dalam Federasi Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)