Pengacara: Emmy Pakpahan Bukan Pembunuh, Polisi Menegaskan Matthew Harper Bunuh Diri

Selasa, 15 Februari 2022 - 17:03 WIB
loading...
Pengacara: Emmy Pakpahan Bukan Pembunuh, Polisi Menegaskan Matthew Harper Bunuh Diri
Polda Bali memastikan kematian Matthew Harper (kanan) akibat bunuh diri. Hasil penyidikan ini menepis tudingan bahwa Harper tewas karena dibunuh kekasihnya, Emmy Pakpahan (kiri). Foto/The Sun
A A A
JAKARTA - Polda Bali memastikan bahwa kematian Matthew Harper akibat bunuh diri. Hasil penyidikan ini menepis tudingan bahwa Harper tewas karena dibunuh kekasihnya, Emmy Pakpahan.

Faktanya adalah Emmy tidak bersalah dan tidak pernah ditahan. Emmy datang ke kantor polisi sebagai saksi dan sebagai bagian dari kerja samanya dengan pihak kepolisian. Polisi telah menyatakan Emmy tidak bersalah dan kasus kematian Matthew adalah kasus bunuh diri, bukan pembunuhan.

Hasil penyidikan kepolisian tersebut juga ditegaskan tim hukum Emmy, yaitu pengacara Amerika, advokat asing Indonesia pada Satrio Law Firm di Jakarta, Andrew I Sriro, dan pengacara litigator terkemuka Indonesia James Purba, dari kantor hukum James Purba & Partners.

Andrew Sriro mengatakan, "Kita semua harus bekerja sama untuk memastikan internet yang aman, sehingga kehidupan dan reputasi setiap orang bisa terlindungi dari kesalahan berita pers yang dapat dihindari.”

“Jika kesalahan memang terjadi, kekuatan pers yang menyebabkan cedera harus bekerja untuk merehabilitasi reputasi korban, dalam hal in Emmy," kata dia, dikutip Selasa (15/2/2022).

James Purba menambahkan, "Berita yang diunggah tidak benar dan salah menuduh Emmy. Semua yang diberitakan tidak sesuai fakta. Polisi sendiri telah menyatakan klien kami tidak bersalah. Sementara berita yang sudah ditayangkan tidak 'cover both sides' pada klien kami, dan kami masih mengedepankan asas praduga tidak bersalah."

Kejadian bermula pada waktu dini hari Kamis, 13 Januari 2022, Matthew menghabisi nyawanya sendiri di Bali. Matthew menusuk dirinya sendiri berulang kali dengan pisau dapur. Sementara tunangannya, Emmy Pakpahan tidak berdaya melihat dari luar rumah. Sebelum Matthew menyakiti dirinya sendiri, Emmy berada di luar rumah dan Matthew mengunci pintu sehingga Emmy tidak bisa masuk untuk menolongnya.

Sementara Emmy mengatakan, dalam waktu dekat akan menceritakan kisah nyata dari kasus tragis ini untuk membersihkan nama baiknya dan meluruskan fakta. "Saya mau menolong orang lain yang menderita luka seperti ini. Saya harap pengalaman saya dapat membantu untuk menghindari kejadian yang serupa di masa depan," kata Emmy.

"Ini adalah mimpi buruk," kata Emmy. "Kehilangan Matthew dan menyaksikan Matthew bunuh diri adalah sangat traumatis bagi saya. Dihajar oleh pers telah menambahkan dimensi lain dalam trauma saya."

Sebelumnya, SINDOnews menerbitkan artikel berjudul "Perempuan Kelahiran Indonesia Bunuh Pacar Bulenya, Rekam saat Meregang Nyawa" yang diterbitkan pada Sabtu, 15 Januari 2022 (telah direvisi). Sumber berita yang dikutip SINDOnews adalah The Sun dan Mirror. Atas pemberitaan ini, SINDOnews meminta maaf kepada Saudari Emmy Pakpahan.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)