Negara-negara yang Pernah Dijajah Inggris, Rata-rata Kini Makin Maju

Selasa, 15 Februari 2022 - 06:01 WIB
loading...
Negara-negara yang Pernah Dijajah Inggris, Rata-rata Kini Makin Maju
Para pemimpin China dan Inggris mengikuti upacara penyerahan Hong Kong setelah tengah malam pada 1 Juli 1997. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris merupakan negara yang memiliki daerah jajahan paling banyak dibandingkan negara lain. Pada 1921, kerajaan ini telah menguasai kira-kira seperempat dari seluruh daratan di Bumi.

Negara-negara tersebut pernah ditaklukkan dalam bidang perdagangan dan politik. Saat Ratu Elizabeth naik takhta pada 1952, lebih dari 70 koloni masih ada di bawah kerajaan walaupun tak bertahan lama.

Berikut merupakan negara atau wilayah bekas koloni Inggris.

1. Hong Kong

Awal mula Hong Kong menjadi koloni Inggris ialah saat Perang Candu pertama antara China dan Inggris di tahun 1839. China untuk sementara menyerahkan Pulau Hong Kong kepada Inggris.

Pada tahun 1842 peraturan sementara tersebut menjadi kesepakatan permanen bernama “Perjanjian Nanjing”. Pada tahun 1860, Kowloon dimenangkan Inggris dan pada 1898 terdapat garis pemisah modern antara China daratan dan Hong Kong.

Inggris memerintah Hong Kong dengan kesepakatan akan mengembalikan Hong Kong ke China pada 99 tahun setelah penandatanganan kesepakatan.

Saat ini Hong Kong diatur dalam hubungan “satu negara, dua sistem” dengan wilayah administratif khusus China. Namun aturan itu akan berubah pada tahun 2047.

2. India

Pada akhir abad ke-18, East India Company melakukan transformasi dari perusahaan perdagangan menjadi negara semi-otonom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)