Alasan Perempuan Arab Saudi Pernah Dilarang Menyetir Mobil

Selasa, 08 Februari 2022 - 17:49 WIB
loading...
Alasan Perempuan Arab...
Seorang wanita mengemudi mobil di Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Arab Saudi merupakan negara yang menggunakan hukum Islam untuk menjalankan pemerintahan negaranya. Ada beberapa peraturan negara yang dianggap membatasi kegiatan kaum wanita, salah satunya larangan menyetir mobil bagi perempuan.

Menyetir pernah menjadi salah satu kegiatan yang dilarang dilakukan perempuan Arab Saudi. Mengapa demikian?

Larangan mengemudi untuk kaum perempuan dikeluarkan melalui Fatwa Dewan Ulama Senior Negara pada 7 November 1990 atau 20 Rabiul Awal 1411. Sembilan tahun kemudian, fatwa serupa dikeluarkan kembali oleh Komite Tetap Kajian dan Fatwa Arab Saudi.



Pemberlakuan larangan ini merujuk pada sejumlah argumentasi mengenai banyaknya fenomena kerusakan yang terjadi di tengah masyarakat saat itu.



Ada yang berpendapat bahwa dengan mengizinkan seorang Muslimah menyetir sendiri, mereka akan rentan terhadap pelepasan hijab yang mereka kenakan.



Selain itu, beberapa sumber menyebutkan bahwa peraturan ini ada untuk mengikuti hukum Islam yang dikenal sebagai Wahabisme, yang mengharuskan ruang publik antara pria dan wanita dipisahkan.

Hal ini ditakutkan akan terlanggar apabila perempuan diizinkan mengendarai mobil sendiri, karena perempuan dilarang bepergian tanpa didampingi walinya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)