Ukraina Serahkan 5.000 Senjata Nuklir 30 Tahun Lalu, Sekarang Menyesal

Senin, 07 Februari 2022 - 11:10 WIB
loading...
Ukraina Serahkan 5.000 Senjata Nuklir 30 Tahun Lalu, Sekarang Menyesal
Sebuah silo rudal yang dihancurkan di dekat Pervomaisk, Ukraina, pada tahun 2001. Ukraina menyesal sudah menyerahkan 5.000 senjata nuklir warisan Soviet 30 tahun lalu. Foto/REUTERS/Gleb Garanich
A A A
KIEV - Ukraina sekarang menyesal setelah menyerahkan ribuan senjata nuklirnya 30 tahun silam ketika Uni Soviet runtuh. Penyesalan terjadi karena negara itu merasa tak memiliki senjata ampuh sebagai penjamin keamanan ketika bersitegang dengan Rusia .

Ketika Soviet runtuh, Ukraina rela menyerahkan senjata atom raksasanya dengan imbalan jaminan keamanan dari Rusia, Amerika Serikat (AS), dan negara-negara lain.

Menurut laporan New York Times, Senin (7/2/2022), pada akhir Perang Dingin, kekuatan nuklir terbesar ketiga di dunia bukanlah Inggris, Prancis, atau China. Itu adalah Ukraina.

Runtuhnya Soviet, kejatuhan gerak lambat yang memuncak pada Desember 1991, mengakibatkan Ukraina yang baru merdeka mewarisi sekitar 5.000 senjata nuklir yang ditempatkan Moskow di tanahnya.



Silo bawah tanah di pangkalan militernya menyimpan rudal jarak jauh yang membawa hingga 10 hulu ledak termonuklir, masing-masing jauh lebih kuat daripada bom yang meratakan Hiroshima. Hanya Rusia dan Amerika Serikat yang memiliki lebih banyak senjata nuklir dari Ukraina saat itu.

Penghapusan persenjataan itu sering dipuji sebagai kemenangan kontrol senjata. Para diplomat dan aktivis perdamaian menjadikan Ukraina sebagai negara teladan di dunia yang memiliki kekuatan nuklir.

Tetapi sejarah menunjukkan denuklirisasi telah menjadi pergolakan kacau yang mengguncang dengan pertikaian, pembalikan dan perselisihan di antara pemerintah dan militer negara itu. Pada saat itu, baik ahli Ukraina dan Amerika mempertanyakan kebijaksanaan perlucutan senjata atom.

Senjata mematikan, beberapa berpendapat, adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menghalangi agresi Rusia.

Saat ini Ukraina tidak memiliki jalan yang mudah untuk memproduksi atau memperoleh bahan untuk membuat bom. Meski begitu, ancaman senjata nuklir sekali lagi bergerak saat pasukan Rusia mengepung negara itu dan mengobarkan perang bayangan di provinsi paling timurnya.

“Kami memberikan kemampuan itu secara cuma-cuma,” kata Andriy Zahorodniuk, mantan menteri pertahanan Ukraina.

Mengacu pada jaminan keamanan yang dimenangkan Ukraina sebagai imbalan atas perlucutan senjata nuklirnya, dia menambahkan: “Sekarang, setiap kali seseorang menawarkan kami untuk menandatangani selembar kertas, jawabannya adalah, ‘Terima kasih banyak. Kami sudah memilikinya beberapa waktu lalu'.”

Analis Barat mengatakan suasana Ukraina saat ini cenderung meromantisasi masa lalu senjata atom. "Intinya adalah, 'Kami memiliki senjata, menyerahkannya dan sekarang lihat apa yang terjadi'," kata Mariana Budjeryn, seorang spesialis Ukraina di Universitas Harvard.

“Pada tingkat kebijakan, saya melihat tidak ada pergerakan ke arah pertimbangan ulang apa pun. Tetapi pada tingkat yang populer, itulah narasinya.”

“Penyesalan adalah bagian darinya,” imbuh Dr Budjeryn, yang merupkan penduduk asli Ukraina, dalam sebuah wawancara. “Bagian lainnya adalah apa pun yang dirasakan seseorang sebagai akibat dari ketidakadilan.”

Pada awalnya, Ukraina bergegas untuk melepaskan senjata Soviet dari tanahnya. Bom, peluru artileri, ranjau darat, dan hulu ledak yang relatif kecil di atas rudal jarak pendek adalah yang paling mudah dipindahkan dan kemungkinan besar jatuh ke tangan yang tidak bersahabat.

Lebih sulit untuk dipindahkan adalah rudal jarak jauh, yang bisa berbobot 100 ton dan naik ke ketinggian hampir 90 kaki.

Pada Januari 1992, sebulan setelah Uni Soviet bubar, presiden dan menteri pertahanan Ukraina memerintahkan komandan militer dan orang-orangnya untuk berjanji setia kepada negara baru itu—sebuah langkah yang akan menggunakan kontrol administratif atas senjata yang tersisa.

Banyak yang menolak, dan tentara yang mengelola pasukan nuklir Ukraina jatuh ke dalam periode kebingungan yang menegangkan atas nasib gudang senjata dan status operasionalnya.

Volodymyr Tolubko, mantan komandan pangkalan nuklir yang telah terpilih menjadi anggota Parlemen Ukraina, berpendapat bahwa Kiev tidak boleh melepaskan keunggulan atomnya.

Pada April 1992, dia mengatakan kepada majelis parlemen bahwa "romantis dan prematur" bagi Ukraina untuk menyatakan dirinya sebagai negara non-nuklir. Ia harus mempertahankan setidaknya beberapa hulu ledak jarak jauhnya. Pasukan rudal sisa, katanya, akan cukup untuk mencegah agresor apa pun.

Meski pendiriannya tidak pernah mendapat dukungan luas, itu menambah ketegangan yang ada, menurut sejarah rinci perlucutan senjata nuklir Ukraina.

Pada musim panas 1993, John J. Mearsheimer, seorang ahli teori hubungan internasional terkemuka di Universitas Chicago yang tidak asing dengan kontroversi, memberikan suaranya untuk masalah retensi atom. Dia berargumen di Foreign Affairs bahwa persenjataan nuklir adalah penting bagi Ukraina jika untuk menjaga perdamaian.

"Pencegah, akan memastikan bahwa Rusia, yang memiliki sejarah hubungan buruk dengan Ukraina, tidak bergerak untuk merebutnya kembali," katanya.

Di Kiev, pemerintah pada tahun 1993 melangkah lebih jauh dengan mempertimbangkan untuk mengambil kendali operasional misil nuklir dan pengebomnya. Tapi itu tidak pernah terjadi.

Sebaliknya, Ukraina menuntut jaminan keamanan yang ketat sebagai imbalan untuk perlucutan senjata nuklirnya. Itulah inti dari perjanjian yang ditandatangani di Moskow pada awal 1994 oleh Rusia, Ukraina, dan Amerika Serikat.

Pada akhir tahun 1994, janji itu terwujud. Kesepakatan itu, yang dikenal sebagai Memorandum Budapest, ditandatangani oleh Rusia, Ukraina, Inggris dan Amerika Serikat, berjanji bahwa tidak ada negara yang akan menggunakan kekuatan atau ancaman terhadap Ukraina dan semua akan menghormati kedaulatan dan perbatasan yang ada.

Perjanjian tersebut juga menyatakan jika agresi terjadi, para penandatangan akan meminta tindakan segera dari Dewan Keamanan PBB untuk membantu Ukraina.

Sementara Kiev gagal mendapatkan apa yang diinginkannya—jenis jaminan yang mengikat secara hukum yang akan datang dengan perjanjian formal yang diratifikasi oleh Senat AS—ia menerima jaminan bahwa Washington akan menganggap serius komitmen politiknya seperti kewajiban hukumnya. Demikian disampaikan Budjeryn, yang diekanl sebagai analis riset di proyek Managing the Atom di Harvard's Kennedy School.

Pada Mei 1996, Ukraina melihat senjata nuklir terakhirnya diangkut kembali ke Rusia. Pemulangan itu memakan waktu setengah dekade.

Konflik kerap terjadi. Antagonisme antara Ukraina dan Rusia telah membara sejak 2014, ketika militer Rusia menyeberang ke wilayah Ukraina, mencaplok Crimea dan mengobarkan pemberontakan di timur. Gencatan senjata yang lemah dicapai pada tahun 2015, tetapi perdamaian sulit dicapai.

Lonjakan permusuhan belum padam. Rusia baru-baru ini membangun pasukan di dekat perbatasannya dengan Ukraina, dan pesan Kremlin terhadap tetangganya telah mengeras.

Kekhawatiran tumbuh pada akhir Oktober, ketika Ukraina menggunakan drone bersenjata untuk menyerang howitzer yang dioperasikan oleh separatis yang didukung Rusia.

Rusia menyebut serangan itu sebagai tindakan destabilisasi yang melanggar perjanjian gencatan senjata, meningkatkan kekhawatiran akan intervensi baru di Ukraina yang dapat menarik Amerika Serikat dan Eropa ke fase baru konflik.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)