Erdogan: Barat Hanya Memperburuk Keadaan dalam Krisis Ukraina

Sabtu, 05 Februari 2022 - 08:10 WIB
loading...
Erdogan: Barat Hanya Memperburuk Keadaan dalam Krisis Ukraina
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negara-negara Barat hanya memperburuk keadaan dalam krisis Ukraina dengan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negara-negara Barat hanya memperburuk keadaan dalam krisis Ukraina . Dia membuat pernyataan itu pada hari Jumat setelah kembali dari kunjungan ke Kiev.

“Sayangnya, Barat hingga saat ini belum memberikan kontribusi apa pun untuk menyelesaikan masalah ini. Saya dapat mengatakan mereka hanya memperburuk keadaan,” kata Erdogan, seperti dikutip dari Daily Sabah, Sabtu (5/2/2022).

Erdogan menambahkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden belum dapat menunjukkan pendekatan positif untuk proses ini sampai sekarang.

Pemimpin Turki itu mengatakan dia ingin Ankara diberi peran sebagai mediator dalam ketegangan saat ini antara Rusia dan Barat.



Bulan lalu, Erdogan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Ukraina, Volodymyr Zelensky untuk bertemu di Turki.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengonfirmasi kepada media Rusia pada hari Jumat bahwa kunjungan Putin ke Turki sedang dikerjakan.

“Kami berharap itu akan terjadi sesegera mungkin,” kata Peskov.

Peskov tidak mengesampingkan pertemuan Putin-Zelensky di masa depan, tetapi mengatakan "sangat sulit" untuk membahas masalah tersebut saat ini.

Erdogan, bagaimanapun, optimistis untuk menyatukan Putin dan Zelensky.

“Sekarang kami akan menetapkan tanggalnya. Kemudian, mudah-mudahan, kami ingin mengadakan pertemuan ini untuk mempertemukan Putin dan Zelensky di tingkat yang tinggi. Kesepakatan kami dengan Zelensky adalah ke arah ini," katanya pada hari Jumat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)