Terpapar Virus Corona, PM Selandia Baru Jalani Isolasi Mandiri

Minggu, 30 Januari 2022 - 17:30 WIB
loading...
Terpapar Virus Corona, PM Selandia Baru Jalani Isolasi Mandiri
Terpapar virus corona, PM Selandia Baru, Jacinda Ardern jalani isolasi mandiri. FOTO/Reuters
A A A
WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru , Jacinda Ardern mengaku tengah menjalani isolasi , setelah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi virus corona, Sabtu (29/1/2022) malam.

Paparan virus Corona dialami Ardern dalam penerbangan dari kota Kerikeri ke kota terbesar di Auckland. Gubernur Jenderal Selandia Baru, Cindy Kiro juga ikut dalam penerbangan pada 22 Januari dan kini juga tengah diisolasi.



Kedua wanita itu berada di wilayah Northland untuk melakukan beberapa syuting menjelang Hari Nasional Selandia Baru, Hari Waitangi, pada 6 Februari.

"Perdana Menteri tidak menunjukkan gejala dan merasa sehat," kata kantornya dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AP. "Sesuai dengan saran Kementerian Kesehatan, dia akan segera dites besok dan akan diisolasi hingga Selasa," lanjut pernyataan itu.

Pejabat kesehatan mendaftarkan selusin penerbangan sebagai peristiwa paparan Sabtu malam, kemungkinan indikasi bahwa satu atau lebih awak pesawat terinfeksi. Para pejabat mengatakan pengurutan genom akan selesai Minggu dan diharapkan menunjukkan orang yang terinfeksi memiliki varian omicron.



Selandia Baru telah berhasil membasmi atau menahan virus untuk sebagian besar pandemi, dan telah melaporkan hanya 52 kematian akibat virus di antara populasinya yang berjumlah 5 juta. Tetapi, wabah varian omicron mulai terjadi dan diperkirakan akan berkembang pesat selama beberapa minggu mendatang.

Sekitar 77% penduduk Selandia Baru telah divaksinasi penuh, menurut Our World in Data. Angka itu naik menjadi 93% dari mereka yang berusia 12 tahun ke atas, menurut pejabat Selandia Baru.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)