Taiwan Tidak Akan Kirim Delegasi ke Pembukaan Olimpiade Beijing 2022

Minggu, 30 Januari 2022 - 04:00 WIB
loading...
Taiwan Tidak Akan Kirim Delegasi ke Pembukaan Olimpiade Beijing 2022
Taiwan tidak akan kirim delegasi ke pembukaan Olimpiade Beijing 2022. FOTO/Reuters
A A A
TAIWAN - Taiwan tidak akan mengirim delegasi resmi ke pembukaan atau penutupan Olimpiade Musim Dingin Beijing karena kontrol pandemi yang ketat dan gangguan penerbangan China .

Keputusan ini diumumkan oleh badan olahraga negara pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Keputusan itu diambil pada saat hubungan antara Beijing dan Taipei berada pada titik terendah dalam beberapa dekade terakhir.



“Delegasi yang beranggotakan 15 orang tidak akan menghadiri upacara pembukaan dan penutupan karena pencegahan pandemi dan jadwal penerbangan,” sebut pernyataan Administrasi Olahraga Taiwan pada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (29/1/2022).

Sebagian dari kontingen Taiwan di Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang terdiri dari 4 atlet, akan terbang ke China dari Amerika Serikat, Swiss, dan Taiwan, tambah pemerintah dalam sebuah pernyataan.

"Menurut kebijakan pencegahan dan masuknya acara tersebut, penerbangan telah disesuaikan dan ditunda, dan tidak semua bisa tiba di Beijing pada upacara pembukaan pada 4 Februari," lanjut pernyataan itu.



Selama ini, China yang otoriter menganggap Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan kekerasan jika diperlukan. Sikap China ini mendapat tentangan dari Taiwan, yang didukung Amerika Serikat.

Jumlah rekor jet China sekarang berdengung di sekitar zona pertahanan udara pulau itu dan Tentara Pembebasan Rakyat telah menggelar latihan reguler yang mensimulasikan invasi. China telah memutuskan komunikasi resmi dengan pemerintahan Presiden Tsai Ing-wen sejak 2016, karena menganggap Taiwan sebagai negara yang sudah berdaulat.

Terakhir kali Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2008, hubungan dengan Taiwan jauh lebih hangat dan delegasi besar berkunjung. Taiwan dan Beijing telah berdebat selama beberapa dekade tentang perwakilan di Olimpiade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)