Sajid Javid Diperiksa Soal Menteri Inggris yang Dipecat karena Dia Islam

Selasa, 25 Januari 2022 - 16:58 WIB
loading...
Sajid Javid Diperiksa Soal Menteri Inggris yang Dipecat karena Dia Islam
Menteri Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris Sajid Javid. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson pada Senin (24/1/2022) memerintahkan penyelidikan atas klaim bahwa anggota parlemen Tory Nusrat Ghani yang dipecat dari jabatan menteri selama perombakan kabinet pada 2020 karena dia "Muslim".

Downing Street mengumumkan bahwa PM Johnson menanggapi klaim ini dengan sangat serius.

“Menteri Kesehatan dan Perawatan Sosial, Sajid Javid, akan diinterogasi dalam investigasi Whitehall atas klaim anggota parlemen Tory bahwa keyakinan Muslimnya membuatnya dipecat dari kabinet pemerintah,” ungkap laporan The Telegraph.



Nusrat Ghani diangkat sebagai Wakil Menteri Parlemen di Departemen Transportasi Inggris pada 2018, tetapi kehilangan posisinya untuk diberikan pada Kelly Tolhurst di tengah perombakan kabinet pada Februari 2020.



“Ghani telah mendekati Javid tak lama setelah diduga diberitahu oleh Kepala Whip Mark Spencer bahwa dia dipecat, sebagian, karena ‘keMuslimannya’,” papar laporan tersebut.



Pada saat itu, Javid mendukung keinginan menteri transportasi junior yang dipecat untuk mengejar masalah ini, karena dia mengakui beratnya klaimnya, tulis outlet tersebut. Dia juga seolah-olah setuju untuk merahasiakan masalah ini.

“Nusrat Ghani, anggota parlemen Tory untuk Wealden, karenanya, pergi ke Perdana Menteri Boris Johnson pada Juli 2020 untuk mengungkapkan klaimnya,” ungkap laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)