Parlemen Prancis Sebut China Lakukan Genosida terhadap Muslim Uighur

Jum'at, 21 Januari 2022 - 18:51 WIB
loading...
Parlemen Prancis Sebut China Lakukan Genosida terhadap Muslim Uighur
Parlemen Prancis mengeluarkan mosi yang menyatakan China telah melakukan genosida terhadap Muslim Uighur. Foto/VOA
A A A
PARIS - Mengutip kejahatan kemanusiaan dan genosida terhadap minoritas Muslim Uighur di provinsi Xinjiang China , Parlemen Prancis mengeluarkan mosi tidak mengikat yang mendesak pihak berwenang Prancis untuk mengutuk Beijing.

Langkah itu, yang lolos dengan dukungan suara 169-1, dipimpin oleh Partai Sosialis dan partai-partai oposisi lainnya.

Selain mengecam China, mosi tersebut juga mendesak pemerintah untuk melindungi komunitas imigran Uighur Prancis dari pelecehan oleh China.



Kedutaan Besar China di Prancis menyebut langkah itu tidak masuk akal dan mengatakan itu akan merusak hubungan antara kedua negara.

“Pihak Prancis sepenuhnya menyadari absurditas dan bahaya dari resolusi ini. Itu harus menunjukkan koherensi antara kata dan perbuatan dan mengambil tindakan nyata untuk menjaga perkembangan yang sehat dari hubungan China-Prancis,” kata kedutaan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari VOA, Jumat (21/1/2022).

China dituduh melakukan genosida dan kerja paksa terhadap populasi Muslim UIghur yang besar di provinsi Xinjiang. Namun China menyangkal tuduhan itu.



Langkah ini dilakukan menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Beberapa negara barat, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia telah mengumumkan "boikot diplomatik" dari even olah raga tersebut dan tidak akan mengirim delegasi untuk hadir.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pada bulan Desember mempertanyakan efektivitas boikot semacam itu dan mengatakan dia tidak ingin "mempolitisasi" ajang tersebut.

Tahun lalu, Parlemen Belanda juga mengeluarkan resolusi serupa yang mendapat teguran keras dari Beijing. Italia dan Belgia telah mengutuk China atas Xinjiang tetapi tidak menggunakan istilah genosida.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)