Blinken Serukan Persatuan Hadapi Agresi Rusia

Rabu, 19 Januari 2022 - 23:12 WIB
loading...
Blinken Serukan Persatuan Hadapi Agresi Rusia
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. Foto/New York Post
A A A
KIEV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menuduh Rusia mencoba menabur perpecahan antara Amerika dan sekutu Eropanya. Ia pun mendesak negara-negara Barat untuk tetap bersatu melawan "agresi tanpa henti" Rusia.

Blinken bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev untuk memberikan jaminan bahwa AS dan sekutunya berkomitmen untuk mendukung Ukraina dan ambisi demokrasinya, bahkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengerahkan lebih dari 100 ribu tentara di sepanjang perbatasan tetangganya.

“Rakyat Ukraina memilih jalur demokrasi dan Eropa pada tahun 1991. Mereka turun ke Maidan untuk mempertahankan pilihan itu pada tahun 2013, dan sayangnya sejak itu Anda menghadapi agresi tanpa henti dari Moskow,” kata Blinken, merujuk pada protes pro-demokrasi alun-alun utama Kiev yang menyebabkan mantan Presiden yang terkait dengan Kremlin, Victor Yanukovych, melarikan diri dari negara itu pada awal 2014.

“Kekuatan kita bergantung pada menjaga persatuan kita dan itu termasuk persatuan di dalam Ukraina,” ujar Blinken kepada Zelensky.



“Saya pikir salah satu tujuan lama Moskow adalah mencoba menabur perpecahan antara dan di dalam negara kita dan cukup sederhana, kita tidak bisa dan tidak akan membiarkan mereka melakukan itu,” imbuhnya seperti dikutip dari New York Post, Rabu (19/1/2022).

Berbicara kepada staf di Kedutaan Besar AS di Ukraina, Blinken mengatakan penumpukan pasukan Rusia “tidak ada provokasi, tidak ada alasan.”

"Kami tahu bahwa ada rencana untuk meningkatkan kekuatan itu bahkan lebih dalam waktu yang sangat singkat, dan itu memberi Presiden Putin kemampuan, juga dalam waktu yang sangat singkat, untuk mengambil tindakan agresif lebih lanjut terhadap Ukraina," kata diplomat tinggi Amerika itu.

"Dan itu, tentu saja, tidak hanya mendapat perhatian kami tetapi juga mendapat perhatian hampir semua sekutu dan mitra kami, dan tidak hanya di Eropa, bahkan di luar," sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)