Letusan Dahsyat Gunung Berapi Tonga Dirasakan Seluruh Dunia

Minggu, 16 Januari 2022 - 11:29 WIB
loading...
Letusan Dahsyat Gunung Berapi Tonga Dirasakan Seluruh Dunia
Letusan dahsyat gunung berapi Tonga dirasakan seluruh dunia. Foto/BBC
A A A
NUKUALOFA - Letusan dahsyat gunung berapi bawah laut di Tonga begitu kuat sehingga tercatat di seluruh dunia. Letusan itu juga memicu tsunami yang membanjiri garis pantai Pasifik dari Jepang hingga Amerika Serikat (AS).

Hal itu diungkapkan para ilmuwan Minggu (16/1/2022) seperti dikutip dari South China Morning Post.

Gambar satelit secara dramatis menunjukkan letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang panjang dan bergemuruh memuntahkan asap dan abu ke udara, dengan suara gemuruh yang terdengar hingga 10.000 kilometer jauhnya di Alaska.



Survei Geologi AS mencatat letusan hari Sabtu kemarin setara dengan gempa berkekuatan 5,8 SR pada kedalaman nol.

Namun tingkat kerusakan di Tonga hingga hari ini tidak jelas dengan jalur komunikasi terputus.

Gelombang setinggi 1,2 meter menyapu pantai di ibu kota Tonga Nuku'alofa dengan penduduk setempat melaporkan bahwa mereka telah melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi, meninggalkan rumah-rumah yang terendam banjir, beberapa dengan kerusakan struktural, dan dengan batu-batu kecil serta abu yang jatuh dari langit.

Ilmuwan Selandia Baru Marco Brenna, seorang dosen senior di Sekolah Geologi Universitas Otago, menggambarkan dampak letusan "relatif ringan" tetapi mengatakan letusan lain dengan dampak yang jauh lebih besar tidak dapat dikesampingkan.



Gelombang sekitar 1,2 meter melanda sepanjang pantai Pasifik Jepang dengan Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan gelombang setinggi tiga meter yang mungkin terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)