Penampakan Tonga Usai Letusan Gunung Berapi Bawah Laut

Minggu, 16 Januari 2022 - 10:45 WIB
loading...
Penampakan Tonga Usai Letusan Gunung Berapi Bawah Laut
Penampakan Tonga usai letusan gunung berapi bawah laut. Foto/New Zealand Herald
A A A
NUKUALOFA - Berita dan gambar mulai muncul dari Tonga , sebuah negara Pasifik, menyusul letusan dahsyat gunung berapi di bawah laut 65 kilometer sebelah utara ibu kota Nuku'alofa.

Letusan yang terjadi tadi malam mengirim abu dan uap ke langit sementara ledakan sonik dilaporkan terdengar hingga Alaska.

Letusan itu juga memicu gelombang pasang dan peringatan tsunami di sekitar wilayah Pasifik, dengan evakuasi terjadi di Jepang, Chili dan Australia di daerah pesisir dataran rendah.

Ribuan orang di Selandia Baru mati-matian berusaha untuk berhubungan dengan orang-orang yang mereka cintai di negara Pasifik itu sejak tadi malam, ketika orang-orang memposting video langit hitam dan orang-orang yang melarikan diri dari gelombang yang bergelombang.



Tidak banyak kabar dari Tonga sejak listrik padam dan komunikasi terputus.

Namun berita mulai terdengar. Sebuah postingan yang belum diverifikasi ke forum Facebook Tonga Live It TOnga mengatakan peringatan tsunami masih aktif tetapi Perdana Menteri mengizinkan pompa bensin, toko roti dan toko buka dari jam 10 pagi - 2 siang hari ini, Minggu (16/1/2022), untuk kebutuhan.

Postingan itu mengatakan udara beracun menyelimuti seluruh Tonga tetapi kabar baiknya adalah tidak ada laporan kematian.



Pihak berwenang Tonga telah meminta bantuan air bersih, karena awan abu telah mencemari persediaan air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)