Desain Futuristik Kapal Perusak AS Disebut Mirip Kapal Perang China

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:43 WIB
loading...
Desain Futuristik Kapal Perusak AS Disebut Mirip Kapal Perang China
Desain futuristik kapal perusak AS disebut-sebut mirip kapal perang China. Foto/Twitter
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah lama mencari cara untuk mengganti kapal perusak kelas Arleigh Burke yang sudah tua, yang tertua ditugaskan pada tahun 1991. Sebelum dibatalkan pada tahun 2010, proyek CG(X) bertujuan untuk itu. Namun karena kekacauan selama bertahun-tahun, hingga kini belum ada pengganti yang muncul.

Meski begitu, pada Simposium Nasional Surface Navy Association (SNA) di Arlington, Virginia, pada Rabu lalu, kemungkinan desain untuk kapal semacam itu terungkap. Deskripsinya singkat dan samar, dan jelas menampilkan banyak fitur baru yang ingin dikembangkan Angkatan Laut AS untuk kapal semacam itu.

Akan tetapi hal itu tidak menghentikan beberapa orang untuk menyadari jika desain kapal futuristik AS yang diberinama DDG(X) memiliki kemiripan yang mencolok dengan kapal penjelajah rudal Tipe 055 yang digunakan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) China .





Dikutip dari Sputnik, Sabtu (15/1/2022), beberapa kesamaan itu termasuk bentuk lambungnya, clipper bow dengan tonjolan bulat, dan forecastle, dan bentuk tiang serta suprastrukturnya.

Ada lebih dari sedikit ironi dalam situasi ini, karena China telah berulang kali dituduh mencuri desain Amerika untuk helikopter, jet tempur, pesawat AWACS, dan senjata perang lainnya, hanya karena kemiripannya dengan peralatan Amerika. Dalam kedua kasus, kesamaan kemungkinan disebabkan oleh pepatah “bentuk sesuai fungsi.”



Desain yang diusulkan mencakup beberapa senjata ofensif yang mengejutkan: 32 tabung sistem peluncuran vertikal (VLS) Mk 41 yang disertakan dalam desain dasar, dengan potensi untuk ditingkatkan menjadi 12 sel yang lebih besar untuk hal-hal seperti rudal hipersonik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)