Pria Bawa Palu Panjat Gedung BBC, Serang Patung Telanjang Kontroversial

Kamis, 13 Januari 2022 - 10:37 WIB
loading...
A A A
Polisi dan paramedis dipanggil ke tempat kejadian sekitar pukul 16:15 waktu setempat dan berusaha memancing pemrotes turun dari patung itu.

Gill adalah seniman, pematung, dan perancang jenis huruf yang produktif, dicintai dan dihormati sebagai seniman pada zamannya.

Menurut biografi tahun 1989 yang ditulis hampir 50 tahun setelah kematiannya, dia telah melakukan pelecehan seksual terhadap putri-putrinya yang lebih tua dan bahkan anjingnya, di samping berselingkuh dengan salah satu saudara perempuannya yang tampaknya berlangsung hampir sepanjang hidupnya.

Pengungkapan itu membuat reputasinya compang-camping, meskipun banyak yang terus mempertahankan karyanya atas dasar artistik murni.

Patung-patung seperti “Stasiun Salib” di Katedral Westminster selamat dari upaya pemindahan, termasuk kampanye 1998 oleh Margaret Kennedy dari kelompok aktivis Ministers and Clergy Sexual Abuse Survivors.

Pada saat itu, Kennedy mencela patung-patung itu, dengan menyatakan, "Tangan yang mengukir Stasiun Salib adalah tangan yang menyalahgunakan." Karya Gill juga mencakup sejumlah karya keagamaan.

Meskipun ada seruan kepada BBC untuk menghapus patung itu, lembaga penyiaran itu sejauh ini menolak melakukannya.

Serangan terhadap patung Gill terjadi hanya sepekan setelah empat pengunjuk rasa dibebaskan dari tuntutan pidana karena merobohkan patung pedagang budak abad ke-17 Edward Colston yang dulunya berlokasi di barat daya Inggris.

Para aktivis menggulingkan patung itu dan membuangnya ke sungai di Bristol selama gelombang protes Black Lives Matter pada Juni 2020.

Meskipun mereka mengaku merobohkan patung itu, mereka berpendapat tindakan mereka tidak kriminal karena patung itu "sangat ofensif" dan merupakan "kejahatan kebencian."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)