Berbulan-bulan Tidak Digaji, Dubes Afghanistan untuk China Resign

Selasa, 11 Januari 2022 - 23:14 WIB
loading...
Berbulan-bulan Tidak Digaji, Dubes Afghanistan untuk China Resign
Duta Besar Afghanistan untuk China, Javid Ahmad Qaem, meninggalkan posnya setelah berbulan-bulan tidak digaji. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Duta Besar Afghanistan untuk China , Javid Ahmad Qaem, meninggalkan jabatannya pada awal Januari setelah berbulan-bulan tidak menerima gaji dari Kabul menyusul perebutan kekuasaan oleh Taliban . Hal itu diungkapkannya di Twitter.

Dalam surat serah terima tertanggal 1 Januari, yang juga diposting di Twitter, Qaem mengatakan bahwa banyak diplomat di kedutaan telah pergi, dan Kabul belum mengirimi mereka gaji sejak Agustus.

"Ada banyak alasan, pribadi dan profesional, tetapi saya tidak ingin menyebutkannya di sini," katanya tentang keputusannya untuk pergi seperti dilansir dari Reuters, Selasa (11/1/2022).



Dalam suratnya, Qaem mengatakan orang baru telah ditugaskan di kedutaan, dan hanya menyebutnya sebagai "Tuan Sadaat."

Surat Qaem mengatakan bahwa pada 1 Januari ada sisa USD100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar di salah satu rekening bank kedutaan, serta jumlah yang tidak diungkapkan di rekening lain. Surat itu juga mencatat bahwa kunci lima mobil kedutaan akan ditinggalkan di kedutaan besar Afghanisyan dan dua mobil perlu disingkirkan.

"Saya sudah membayar semua staf lokal sampai 20 Januari 2022. Pekerjaan mereka sudah selesai," katanya.



Kementerian Luar Negeri Afghanistan tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang siapa pengganti Qaem.

Sementara itu juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan pada briefing harian hari ini bahwa Qaem telah meninggalkan China, tanpa memberikan rincian kapan atau ke mana dia pergi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)