Ulama Top Arab Saudi yang Selalu Khotbah di Masjidil Haram Telah Meninggal Dunia

Kamis, 06 Januari 2022 - 07:41 WIB
loading...
Ulama Top Arab Saudi yang Selalu Khotbah di Masjidil Haram Telah Meninggal Dunia
Ulama top Arab Saudi, Sheikh Saleh bin Mohammed Al Luhaidan, yang selalu khotbah di Masjidil Haram telah wafat pada Rabu (5/1/2022). Foto/Twitter via Al Arabiya
A A A
RIYADH - Ulama top Arab Saudi , Sheikh Saleh bin Mohammed Al Luhaidan (90), telah wafat setelah berjuang melawan penyakit yang dirahasiakan. Dia dikenal karena selalu menyampaikan khotbah di Masjidil Haram, Makkah.

Sheikh Saleh meninggal pada hari Rabu. Selain sebagai pengkhotbah, dia juga pernah menjabat sebagai kepala Pengadilan Syariah Kerajaan Arab Saudi selama dua dekade.



Keluarganya juga mengumumkan kabar duka tersebut Twitter. Pihak keluarga tidak mengungkap penyakit yang dideritanya.

Di Twitter, tanda pagar berbahasa Arab dengan namanya telah bermunculan sejak kemarin. Para pengguna Twitter menyampaikan doa dan pujian untuk ulama dan cendekiawan Islam tersebut.

Sheikh Saleh tercatat sebagai anggota Dewan Ulama Senior Arab Saudi sejak didirikan pada tahun 1971. Badan elite itulah yang mengeluarkan keputusan agama di negara tersebut yang dikenal sebagai fatwa.

Menurut laporan Al Arabiya, Kamis (6/1/2022), sepanjang hidupnya, Sheikh Saleh menyampaikan khotbah dari Masjidil Haram, mengawasi penerbitan majalah Islam dan menjadi anggota Liga Muslim Dunia yang berbasis di Arab Saudi.

Dia lahir pada tahun 1931 di provinsi Qassim yang terkurung daratan antara Madinah dan Riyadh.

Pemakamannya dijadwalkan berlangsung pada hari Rabu waktu Arab Saudi sesuai dengan tradisi Islam.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)