Begini Cara Masuk dan Keluar Wilayah Palestina, Salah Dikit Nyawa Bisa Melayang

Senin, 03 Januari 2022 - 16:51 WIB
loading...
Begini Cara Masuk dan Keluar Wilayah Palestina, Salah Dikit Nyawa Bisa Melayang
Blogger travel Palestin, Malak Hasan dan Bisan Alhajhasan tiba di Convent, Hortus Conclusus, desa Artas, dekat Bethlehem, Tepi Barat, 9 September 2020. Foto/REUTERS/Ammar Awad
A A A
TEPI BARAT - Meskipun merupakan wilayah konflik, Palestina juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pelancong. Beberapa lokasi di negara itu yang bisa disambangi adalah Masjidil Aqsa, Khan El-Umdan, Mar Saba dan Istana Hisyam.

Akan tetapi, berkunjung ke Palestina bukanlah satu hal yang mudah dilakukan. Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum menjadikan Palestina sebagai tujuan wisata.

Situs Global Platforms menyebutkan, visa wisatawan wajib dipastikan masih berlaku apabila berencana memasuki wilayah Israel dan Wilayah Pendudukan Palestina atau occupied Palestinian territory (oPt).



Bagi mereka yang masuk wilayah Palestina melalui perbatasan di sekitar jembatan Allenby dan menuju ke Tepi Barat akan mendapatkan cap khusus dan hanya diperbolehkan bepergian di wilayah itu saja. Sebab, wilayah tersebut masuk dalam otoritas pemerintah Palestina.

Untuk wisatawan yang masuk melalui wilayah pendudukan Israel, ada negara-negara yang warganya mendapat visa kunjungan gratis ke Israel.

Di benua Eropa, negara yang masuk dalam daftar adalah Austria, Belgia, Denmark, Belanda, Yunani, Prancis, Spanyol dan Portugal serta masih banyak negara lainnya.

Sementara itu, di wilayah Asia dan Oceania ada Australia, Hong Kong, Korea Utara, Jepang, Monako dan Selandia Baru. Untuk di benua Afrika, beberapa negara seperti Afrika Selatan dan Malawi akan mendapatkan gratis visa kunjungan. Pemerintah Israel juga memberikan hal yang sama untuk Amerika Serikat, Uruguay, Brasil, dan Guatemala.

Bagi wisatawan yang ingin terbang ke Palestina, terlebih dahulu harus mendarat di bandara internasional Ben-Gurion yang berada di Tel Aviv, Israel.

Dari bandara tersebut, pengunjung bisa langsung menuju ke Jerusalem dengan taksi. Setelahnya, dapat menaiki bus yang akan mengantarkan pengunjung ke kota tujuan di Palestina. Dokumen pribadi tentunya harus lengkap dan masih berlaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)