Rudal Hipersonik China Diklaim Mampu Jatuhkan Jet Siluman F-22 AS dalam Hitungan Detik

Senin, 03 Januari 2022 - 11:02 WIB
loading...
Rudal Hipersonik China Diklaim Mampu Jatuhkan Jet Siluman F-22 AS dalam Hitungan Detik
Rudal hipersonik China diklaim mampu tembak jatuh jet tempur siluman F-22 Raptor AS dalam hitungan detik. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Pakar militer Beijing mengeklaim bahwa rudal hipersonik yang dikembangkan China mampu menembak jatuh jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat (AS) dalam hitungan detik.

Beijing diketahui telah melakukan serangkain tes senjata hipersoniknya pada 2021 lalu yang telah mengejutkan Amerika. Pemerintah Beijing tidak terlalu membesar-besarkan peristiwa itu dengan menyatakannya sebagai uji coba kendaraan antariksa biasa.



Mengutip Profesor Wang Xing dari Air Force Engineering University di China, EurAsian Times pada Senin (3/1/2022) melaporkan bahwa senjata hipersonik berpotensi digunakan untuk melawan pesawat siluman seperti F-22 dan F-35 Amerika. Menurut profesor tersebut, misil hipersonik China dilengkapi pendeteksi panas yang membuat teknologi siluman pesawat AS akan menjadi tidak berguna.

"Dalam pertempuran jarak dekat, teknologi siluman berlebihan, dan tidak ada pesawat siluman yang bisa menyembunyikan diri setelah meluncurkan rudal atau menjatuhkan bom," kata Wang.

"Sebuah senjata hipersonik yang dikerahkan oleh sistem pertahanan udara berbasis darat China dapat mengejar F-22–yang bisa pulang dengan kecepatan lebih dari dua kali kecepatan suara setelah meluncurkan serangan–dalam hitungan detik," ujarnya.

Menurut para peneliti dari program homing inframerah hipersonik National University of Defense Technology, mereka telah memproduksi senjata hipersonik generasi berikutnya dengan kemajuan pelacak inframerah.

Senjata seperti itu, kata mereka, mungkin tidak dimiliki militer AS hingga tahun 2025.

Menurut mereka, kemampuan "mencari panas" memungkinkan rudal hipersonik China untuk menargetkan hampir semua target dengan akurasi dan kecepatan yang luar biasa, termasuk pesawat tempur siluman, kapal induk, dan bahkan kendaraan yang bergerak di jalan.

Menurut penelitian mereka yang dikutip oleh South China Morning Post, ilmuwan utama Profesor Yi Shihe mengeklaim dalam makalah ilmiah yang diterbitkan bulan lalu bahwa China telah membuat "serangkaian terobosan teknologi inti yang terbukti efektif dalam pengujian".

Prestasi tersebut merupakan tantangan karena kecepatan rudal itu sendiri menghasilkan panas yang dapat mengganggu sistem deteksi.

Rudal hipersonik dapat mencapai kecepatan hingga 21.000 mph dan dapat menyerang di mana saja di Bumi dari luar angkasa dalam beberapa detik hingga menit.

Selain itu, menurut Angkatan Udara AS, rudal pencari panas telah menembak jatuh sekitar 90% dari semua pesawat yang hilang selama tahun 1980-an, dan pesawat tempur siluman seperti F-22 bisa menjadi target potensial karena bahan pelapisnya mudah panas dalam penerbangan.

F-22 Raptor tidak hanya pesawat tempur Amerika yang mematikan tetapi juga merupakan bagian penting dari Gugus Tugas Serangan Global yang bertanggung jawab untuk mengerahkan pasukan siap tempur untuk pencegahan nuklir dan operasi serangan global.

Kerentanan pesawat ini untuk dilacak dan ditembak oleh rudal pencari panas membuat klaim China tentang rudal hipersoniknya semakin signifikan dan dapat mengirim gelombang kejut di Amerika Serikat.

Sebelumnya, China telah memamerkan apa yang disebut-sebut sebagai radar revolusioner di Zhuhai Airshow 2021. Disebut sebagai YLC-8E, itu digambarkan sebagai sistem radar anti-siluman pertama di dunia yang beroperasi di pita UFH, serta pelopor dalam teknologi radar frekuensi tinggi khusus dan radar array yang dikendalikan fase aktif yang dikombinasikan dengan perangkat tajam anti-siluman revolusioner.

Sistem YLC-8E telah dipromosikan oleh China sebagai “radar super” yang dapat mengidentifikasi jet tempur F-22 dan F-35 Amerika.

Sekarang, dikombinasikan dengan pelacak inframerah atau rudal hipersonik pencari panas, China tampaknya mengirim sinyal ke Amerika Serikat bahwa jet tempur siluman F-22 Raptor mungkin tidak tahan bahaya dari serangan China.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)