Kirim Pesan Tahun Baru untuk Xi, Putin Buat Prediksi Olimpiade

Sabtu, 01 Januari 2022 - 01:25 WIB
loading...
Kirim Pesan Tahun Baru untuk Xi, Putin Buat Prediksi Olimpiade
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Presiden China Xi Jinping. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Dalam telegram yang dikeluarkan untuk sejumlah pemimpin dunia, Kremlin mengatakan Rusia dan China telah "berinteraksi dengan sangat produktif" meskipun ada banyak "kesulitan" pandemi.

Pengumuman pada Jumat (31/12/2021) tersebut tercermin pada "indikator rekor dalam perdagangan" sebagai hasil dari dialog politik antara kedua negara berdasarkan hubungan ilmiah dan teknis yang telah lama terjalin dan inovasi bersama.

Putin tidak akan diizinkan menghadiri Olimpiade Musim Dingin di China pada Februari sebagai bagian dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia terhadap Rusia yang melarang para pejabat pemerintah dan perwakilan Rusia menghadiri acara-acara besar.



Aturan itu bisa dibatalkan, jika kepala negara dari negara tuan rumah acara telah mengeluarkan undangan untuk hadir.



Sementara negara-negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade, Presiden China Xi Jinping telah mengundang Putin untuk berada di sana.



Menegaskan kembali penerimaannya atas tawaran itu, Putin mengatakan, "Saya tidak ragu bahwa teman-teman China kami akan memastikan keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin. Saya menantikan pertemuan kami pada upacara pembukaan festival olahraga ini."

Ketika awalnya diumumkan pada September bahwa Putin akan "dengan senang hati" menghadiri Olimpiade, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan harapannya adalah pertemuan puncak langsung antara kedua pemimpin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)