Menlu Arab Saudi-Israel Ambil Bagian dalam Pertemuan Virtual yang Diselenggarakan AS

Jum'at, 31 Desember 2021 - 05:17 WIB
loading...
Menlu Arab Saudi-Israel Ambil Bagian dalam Pertemuan Virtual yang Diselenggarakan AS
Menlu Israel Yair Lapid (Kiri) dan Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan (Kanan) ambil bagian dalam pertemuan virtual yang diadakan Menlu AS Antony Blinken (Tengah). Foto/Times of Israel
A A A
WASHINGTON - Pertemuan virtual Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dengan para menteri luar negeri tentang varian virus corona Omicron pekan lalu melibatkan para menteri dari Arab Saudi dan Israel . Ini adalah contoh langka di mana dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik formal berpartisipasi dalam pertemuan yang sama.

Sebuah rilis dari Departemen Luar Negeri AS mengatakan Blinken telah berbicara dengan beberapa menteri luar negeri selama pertemuan pada 21 Desember lalu, tetapi tidak merinci dari negara mana seperti dilansir dari CNN, Jumat (31/12/2021).

Ketika ditanya apakah Arab Saudi telah berpartisipasi dalam pertemuan tersebut, Departemen Luar Negeri AS merujuk CNN ke Arab Saudi.



Duta Besar China untuk AS Qin Gang memposting tangkapan layar dari pertemuan virtual ke Twitter minggu lalu, yang menunjukkan Pangeran Faisal dan Lapid hadir, bersama dengan sejumlah diplomat lainnya.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan dalam sebuah tweet bahwa para menteri luar negeri dari Jepang, India, Meksiko, Australia, Jerman, dan negara-negara tambahan sedang dihubungi, tetapi dia tidak menyebutkan Arab Saudi.

Untuk bagiannya, Arab Saudi tidak membuat pernyataan publik tentang panggilan tersebut. Namun seorang pejabat Saudi mengatakan kepada CNN bahwa Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan mengambil bagian dalam pertemuan virtual dengan Blinken dan lainnya.



Meskipun Israel telah menjalin hubungan diplomatik dengan beberapa negara Teluk, termasuk Uni Emirat Arab dan Bahrain, negara itu tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Arab Saudi.

Pada November 2020, seorang anggota pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa pemimpin Israel yang telah lengser itu bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman di kota Neom, Saudi. Namun Saudi dengan cepat membantah bahwa pertemuan seperti itu telah terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)