7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021

Jum'at, 31 Desember 2021 - 00:03 WIB
loading...
7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021
Berbagai jenis persenjataan buatan Turki yang diakui dunia. Foto/trt world/reuters
A A A
ANKARA - Turki sedang dalam perjalanan memenuhi tujuan visi pertahanan 2023. Negeri itu bergabung dengan industri pertahanan global tingkat atas dengan penawaran pertahanan mutakhir di setiap domain teknologi militer. Inilah yang dicapai Turki sepanjang 2021.

2021 adalah tahun bersejarah bagi industri pertahanan Turki yang mengalami peningkatan swasembada, pertumbuhan pesat penjualan, dan serangkaian penawaran pertahanan baru di berbagai bidang.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Menurut laporan TRT World, pada 2020, ekspor pertahanan Turki mengalami peningkatan yang signifikan. ASELSAN melaporkan pertumbuhan 24% dengan kontrak ekspor yang ditandatangani senilai lebih dari USD450 juta.

Terlepas dari pandemi, 2021 memunculkan lebih banyak produk pertahanan Turki baru daripada sebelumnya. Berbagai produk senjata Turki makin diakui dunia karena teknologi militernya yang kuat, terjangkau, dan kompetitif.

2021 juga merupakan tahun drone TB2 Turki yang mengubah cara peperangan modern dilakukan. Drone itu menunjukkan kecepatan, ketepatan, dan efektivitasnya dalam meminimalkan korban manusia.

Industri pertahanan Turki telah mengalami transformasi besar setelah rencana Visi 2023 diumumkan, yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun pendirian republik itu.

1. Drone adalah Masa Depan

Dengan dirilisnya drone tempur tak berawak kelas berat Akinci pada Agustus, Turki bergabung dengan tiga produsen drone teratas di dunia.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Drone berat jauh lebih sulit untuk diproduksi daripada rekan-rekan mereka yang lebih ringan.

Pada 2022, drone Akinci berat Turki memecahkan sejarah penerbangan Turki dengan terbang pada ketinggian 11.594 meter selama hampir 26 jam, jauh dalam jangkauan operasional sebagian besar jet tempur.

Dengan lebar sayap 20 meter dan daya angkut satu ton, drone besar ini dapat dipasangkan dengan Smart Micro-munitions ringan milik Roketsan untuk waktu penerbangan yang lebih lama dan presisi tinggi.

Presisi adalah ciri utama drone Turki. Penggunaannya yang tepat di Suriah dan konflik Armenia-Azerbaijan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka dapat menimbulkan kerusakan tambahan dan menawarkan opsi pertahanan ke negara-negara tanpa angkatan udara konvensional yang besar.

Fedai, perusahaan pertahanan Turki juga mengumumkan platform rudal anti-drone, memperkuat cengkeramannya pada industri yang merevolusi cara negara-negara di dunia melakukan operasi pertahanan dan militer.

Tak mau kalah, Turki juga melihat pelepasan sejumlah drone taktis yang lebih kecil dengan kemampuan swarming, pengenalan wajah, dan terakhir, drone yang dilengkapi dengan laser peleburan baja dengan jangkauan 500 meter.

2. Luar Angkasa: Perbatasan Terakhir

Pada Februari 2021, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan program luar angkasa domestik 10 tahun yang mencakup pengiriman astronot Turki ke luar angkasa, meluncurkan satelit observasi nasional pertama, dan mencapai bulan pada 2023.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Rencana tersebut akan bergantung pada kerja sama internasional pada awalnya, tetapi bertujuan terus mengembangkan pengalaman membuat roket yang cukup besar dari Turki ke dalam kapasitas perjalanan luar angkasanya sendiri.

2023 juga menandai 100 tahun berdirinya Republik Turki, bertepatan dengan rencana Artemis Accord mendirikan Pangkalan Gerbang Bulan di Bulan pada 2024.

Pangkalan tersebut akan berfungsi sebagai batu loncatan untuk operasi lebih dalam ke tata surya.

Sejalan dengan ini, Turki meluncurkan dua satelit generasi kelima baru dengan SpaceX pada Februari dan Desember.

Rencana 10 tahun akan berusaha membangun bandara antariksa di Turki dan merek global untuk solusi satelit.

3. Kekuatan Darat

Turki akhirnya meluncurkan prototipe tank Altay nasional pertamanya. Tank itu dinamai Fahrettin Altay, seorang komandan kavaleri Turki terkenal yang populer dalam perang kemerdekaan Turki dengan semangat heroik.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Prototipe Altay dirilis bersamaan sejumlah platform artileri mobile Storm, dan telah menikmati pre-order untuk 100 tank dari Qatar sejak 2019.

Altay unggul dengan kemampuan target otomatis 360 derajat, pertahanan trofi aktif, pelindung reaktif kimia modular, dan meriam smoothbore kaliber 120mm 55 yang menjanjikan akurasi tingkat tinggi.

Akhirnya, 2021 adalah tahun Turki mengumumkan produksi massal serangkaian kendaraan darat tak berawak, yang lebih condong ke otomatisasi mutakhir yang menawarkan pengganda kekuatan di lapangan yang meningkatkan kemampuan bertahan personel militernya sendiri.

4. Pertahanan Udara

Dibangun di atas tradisi panjang senjata balistik, tahun 2021 adalah tahun dimana Turki menguji sistem pertahanan rudal jarak jauh Siper produksi dalam negeri pertamanya.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Siper dirancang untuk menanggapi seringnya tembakan rudal dari Suriah. Rudal itu akan memasuki inventaris militer pada 2023.

Tahun 2021 juga melihat keberhasilan peluncuran sistem pertahanan HISAR-A+, yang dapat dihubungkan ke jaringan dengan drone tak berawak untuk cakupan sensorik yang lebih luas.

Perisai pertahanan mulai dikembangkan pada 2007, dan saat ini memiliki jangkauan 15 kilometer dan ketinggian 10 kilometer.

2021 juga merupakan tahun rudal hipersonik. Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turkiye (TUBITAK) mengumumkan pengembangan lanjutan dari senjata elektromagnetik SAPAN, yang dapat mempercepat proyektil ke kecepatan hipersonik tanpa menggunakan propelan kimia.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Selain kemampuan kontra-hipersonik, TUBITAK terus bekerja pada rudal supersonik ramjet, dan rudal berpemandu presisi seperti SOM.

SOM adalah kelas rudal jelajah presisi rendah yang dapat diamati secara otonom yang mengemas lebih banyak daya ledak dalam roket yang lebih kecil dan lebih akurat.

Itu artinya, SOM menawarkan daya tembak berat untuk drone kecil dan besar.

5. Langit Tak Berawak

Pertahanan udara Turki mengalami pertumbuhan yang signifikan pada 2021, dengan konverter listrik hemat biaya yang dirilis untuk sistem senjata helikopter setelah masalah rantai pasokan global memengaruhi ketersediaannya di seluruh dunia.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Memanfaatkan keahliannya yang berkembang dalam sistem otonom, Turki juga merilis helikopter serang tak berawak kedua di dunia.

Turki mengumumkan pengujian skala penuh untuk helikopter Gokbey asli yang baru-baru ini dikembangkan.

Baykar Industries juga mengungkapkan konsep jet tempur tak berawak baru dengan kemampuan peluncuran kapal induk.

Itu melengkapi inisiatif sebelumnya dari Turkish Aerospace Industries (TAI) untuk mengembangkan jet tempur siluman generasi berikutnya yang dimulai pada 2019.

TAI juga mengumumkan 10.000 insinyur akan ditambahkan ke proyek, meskipun hanya 6.000 insinyur yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya.

2021 juga merupakan tahun TAI mengumumkan dukungan udara jarak dekat Turki, pesawat tempur Hurkus-C siap diekspor.

TAI menawarkan daya tarik yang signifikan bagi negara-negara yang ingin meningkatkan dukungan udara untuk operasi darat.

6. Pengakuan Internasional

Sebagai cerminan dari meningkatnya kepercayaan pada keahlian teknik pertahanan drone, rudal, dan elektro-optik Turki, tahun 2021 melihat sejumlah penjualan besar.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Polandia menjadi negara NATO dan Uni Eropa pertama yang membeli drone tempur Turki.

Pengadaan besar lainnya termasuk pesanan Indonesia untuk desain tank tempur bersama Turki-Indonesia.

Pejabat Kirgistan juga baru-baru ini mengumumkan keputusan membeli drone Turki, bergabung dengan negara-negara seperti Ukraina, Azerbaijan, Maroko, Irak, Niger, Qatar, dan Turkmenistan.

Sekitar 9 negara lain telah menunjukkan minat untuk membeli drone Turkiye.

7. Tanah Air Biru

Sesuai doktrin angkatan laut “Tanah Air Biru” yang awalnya dikembangkan pada 2006, Turki terus mengembangkan kapasitas angkatan lautnya sepanjang tahun 2021 untuk memastikan perdagangan dan pertahanan republik di Laut Mediterania dan Aegea tetap aman.

7 Terobosan Industri Pertahanan Utama Turki Sepanjang 2021


Terobosan besar termasuk pengujian rudal anti-kapal yang diproduksi secara lokal di Laut Hitam dengan jangkauan lebih dari 200 kilometer.

Tahun ini, Turki juga mengumumkan enam dari kapal selam barunya akan mulai beroperasi pada 2022.

Sebelumnya, Turki meluncurkan fregat asli pertamanya dan berkomitmen mengembangkan kapal induk nasional.

Ini mengikuti produksi Turki dari empat kapal perang kelas korvet asli yang dikirim ke Pakistan dalam beberapa tahun terakhir.

Itu artinya, Turki berada di antara sejumlah kekuatan global terpilih yang mampu memproduksi kapal perang angkatan laut.

2021 juga merupakan tahun Turki mengumumkan produksi tiga fregat lagi, menugaskan kapal intelijen angkatan laut TCG Ufuk, meluncurkan kapal permukaan tak berawak bersenjata (USV), dan mengkonfirmasi penyelesaian meriam angkatan laut 76 mm baru yang akan masuk inventaris angkatan laut pada 2022.

Akhirnya, angkatan laut Turki juga menugaskan dua pesawat patroli maritim yang baru saja selesai bergabung dengan 17 drone tempur angkatan laut, dan tiga pesawat patroli maritim modern ATR-72 baru yang selesai pada 2021.

Secara keseluruhan, 2021 adalah tahun yang luar biasa bagi industri dan ekonomi pertahanan Turki.

2021 menjadikan Turki memperoleh pengakuan internasional sebagai kekuatan teknologi dan produsen pertahanan yang dapat bersaing di posisi puncak internasional.

2022 akan melihat banyak inisiatif pertahanan jangka panjang membuahkan hasil, karena Turki berlomba memenuhi swasembada pertahanan sebelum seratus tahun kemerdekaan republik.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)