Tegang dengan Rusia, Kapal Induk dan 5 Kapal Perang AS Tetap di Mediterania

Kamis, 30 Desember 2021 - 13:32 WIB
loading...
Tegang dengan Rusia, Kapal Induk dan 5 Kapal Perang AS Tetap di Mediterania
Kapal induk USS Harry Truman diperintahkan Pentagon untuk tetap di Laut Mediterania di tengah ketegangan dengan Rusia terkait krisis Ukraina. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah memerintahkan kapal induk dan lima kapal perang Amerika Serikat (AS) untuk tetap berada di Laut Mediterania. Perintah ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan dengan Rusia terkait krisis Ukraina.

Seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada The Hill bahwa Austin memerintahkan Kelompok Tempur Kapal Induk USS Harry Truman untuk tetap berada di wilayah operasi Komando Eropa.



Padahal, kelompok tempur itu direncanakan untuk beralih ke wilayah Komando Pusat yang meliputi timur laut Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan.

"Langkah itu mencerminkan perlunya kehadiran yang gigih di Eropa dan diperlukan untuk meyakinkan sekutu dan mitra kami tentang komitmen kami untuk pertahanan kolektif," kata pejabat Pentagon tersebut, yang dilansir Rabu (29/12/2021).

Kelompok Tempur USS Harry Truman berangkat dari AS pada 1 Desember untuk penempatan yang dijadwalkan secara teratur dan telah berada di Laut Mediterania sejak itu.

Kelompok tempur itu terdiri dari kapal induk USS Harry Truman dan lima kapal perang pendukungnya, yakni kapal penjelajah USS San Jacinto, dan kapal perusak berpeluru kendali USS Bainbridge, USS Cole, USS Gravely, dan USS Jason Dunham.

Kapal-kapal tersebut baru-baru ini menyelesaikan beberapa operasi taktis dengan Angkatan Laut Tunisia.

Perintah Austin tidak secara khusus menyebutkan Rusia atau Ukraina. Namun, itu terjadi setelah berminggu-minggu ketegangan di Eropa Timur dengan kekhawatiran akan invasi oleh Moskow terhadap Kiev.

Awal bulan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menuntut AS dan sekutu Eropa-nya memastikan Ukraina tidak akan diizinkan untuk bergabung dengan NATO.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)
pixels