Tambang Batu Giok di Myanmar Longsor, 1 Tewas dan 70 Hilang

Rabu, 22 Desember 2021 - 15:07 WIB
loading...
Tambang Batu Giok di Myanmar Longsor, 1 Tewas dan 70 Hilang
Tambang batu giok ilegal di Myanmar. FOTO/Reuters
A A A
YANGON - Tanah longsor di tambang batu giok di Myanmar utara pada Rabu (22/12/2021) menewaskan sedikitnya satu orang, melukai 25 orang. Insiden itu juga menyebabkan puluhan orang hilang, kata seorang anggota tim penyelamat kepada AFP.

Bencana melanda sebuah tambang di kotapraja Hpakant dekat perbatasan Cina di negara bagian Kachin, di mana miliaran dolar mineral berharga diyakini digali dari lereng bukit yang gundul setiap tahun.



"Sekitar 70 hingga 100 orang hilang, setelah tanah longsor yang melanda sekitar pukul 04.00 (5.30 waktu Singapura), kata anggota tim penyelamat Ko Nyi. "Kami telah mengirim 25 orang yang terluka ke rumah sakit sementara kami menemukan satu orang tewas," lanjutnya.

Ratusan penggali telah kembali ke Hpakant selama musim hujan untuk mencari tambang terbuka yang berbahaya, menurut seorang aktivis lokal. Junta Myanmar sendiri telah melarang penggalian hingga Maret 2022.

"Mereka menambang di malam hari dan di pagi hari mereka menggali tanah dan batu," kata aktivis itu, seraya menambahkan beban tambahan telah menyebabkan tanah itu tergelincir ke dalam danau.



Ko Nyi dari tim penyelamat juga mengatakan, peningkatan tekanan dari berat tanah dan batu yang dibuang telah mendorong tanah menuruni bukit ke dalam danau. “Sekitar 200 penyelamat bekerja untuk memulihkan mayat, dengan beberapa menggunakan perahu untuk mencari korban tewas di danau terdekat,” tambahnya.

Akses ke tambang di bagian utara negara yang terpencil sangat dibatasi oleh militer dan akses internet tidak merata. Outlet lokal Kachin News Group mengatakan 20 penambang tewas dalam tanah longsor.

Dinas pemadam kebakaran Myanmar mengatakan, personel dari Hpakant dan kota terdekat Lone Khin terlibat dalam upaya penyelamatan. Namun, mereka tidak memberikan estimasi jumlah korban tewas atau hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)