Profil Putri Haya binti Hussein, Anak Raja Yordania Keturunan Langsung Nabi Muhammad

Rabu, 22 Desember 2021 - 14:10 WIB
loading...
Profil Putri Haya binti Hussein, Anak Raja Yordania Keturunan Langsung Nabi Muhammad
Putri Haya binti Hussein. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Putri Haya adalah anak dari Raja Hussein bin Talal, yang merupakan Raja Yordania. Ia lahir dari istri ketiga Raja Hussein pada 3 Mei 1974.

Mengutip laman resmi HRH Princess Haya Bint Al Hussein, sang putri adalah mantan atlet Olimpiade Sydney 2000 dalam cabang olahraga berkuda dan memiliki fokus yang kuat di bidang kemanusiaan.

Ia diketahui mendirikan Tkiyet Um Ali, lembaga non-pemerintah untuk bantuan pangan pertama di Timur Tengah.



Lembaga itu sengaja didirikan sebagai bentuk dedikasi dan menghormati mendiang ibunya, Ratu Alia. Tkiyet Um Ali memberikan bantuan makanan kepada warga yang tinggal di tiap provinsi Yordania.



Selain itu, ia juga menjadi utusan perdamaian dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mantan anggota Komite Olimpiade Internasional dan mantan Ketua Federasi Berkuda Yordania.

Putri Haya adalah wanita Yordania pertama yang memegang izin mengemudi truk besar.

Yang lebih fenomenal, laman Royal Central menyebut Putri Haya beserta saudara-saudaranya merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad, sebagai anggota keluarga Hasyim. Lebih detail, Haya adalah keturunan ke-41.

Wanita 47 tahun itu terkenal sebagai sosok yang cerdas. Ia memperoleh gelar BA MA honors degree di Oxford University, Inggris, dengan 3 bidang sekaligus, yakni filsafat, politik, dan ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)