PM Inggris Terus Digoyang Isu Pelanggaran Prokes di Downing Street 10

Selasa, 21 Desember 2021 - 03:33 WIB
loading...
PM Inggris Terus Digoyang Isu Pelanggaran Prokes di Downing Street 10
PM Inggris Boris Johnson bersantai bersama staf sambil minum anggur di Downing Street No.10. FOTO/Mirror.co.uk
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengeluarkan serangkaian penyangkalan terbaru pada Senin (20/12/2021) soal isu pelanggaran protokol kesehatan di Downing Street No.10. Johnson mengaku, bahwa dia dan stafnya telah melanggar aturan penguncian setelah sebuah foto dirinya dan beberapa staf tengah minum anggur beredar luas.

Foto pertemuan di Downing Street No.10, yang juga merupakan kantor sekaligsu tempat tinggal Johnson itu dilaporkan diambil pada Mei tahun lalu. Di masa itu pula, Johnson dan pemerintahnya mengatakan kepada warga Inggris bahwa mereka tidak boleh bergaul dengan orang lain.



Meningkatnya kemarahan publik akibat pertemuan tersebut telah menimbulkan keraguan tentang otoritas Johnson di dalam Partai Konservatifnya, ketika para menteri mempertimbangkan pembatasan baru untuk mengendalikan lonjakan kasus COVID-19. Konservatif kehilangan kursi parlemen yang telah lama dipegang dalam pemilihan sela pekan lalu.

Foto yang diterbitkan oleh surat kabar Guardian pada akhir pekan lalu itu menunjukkan Johnson dengan rekannya Carrie, yang tampaknya menggendong putra mereka yang baru lahir, dan dua orang lainnya di sebuah meja di teras di taman Downing Street dengan keju dan anggur.

Di dekatnya ada meja lain yang terdiri dari empat orang, dan tidak jauh dari sana ada kelompok yang lebih besar berdiri di atas rumput di sekitar meja dengan botol-botol anggur. Pada saat itu, pemerintah telah memberi tahu publik bahwa mereka hanya dapat bertemu satu orang di tempat umum terbuka, dengan jarak dua meter.



Meski foto itu sudah secara gamblang menggambarkan apa yang terjadi di Downing Street No.10, namun Johnson masih bisa berkilah. "Itu adalah orang-orang di tempat kerja yang berbicara tentang pekerjaan," kata Johnson kepada penyiar ketika ditanya tentang foto itu, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya Wakil Perdana Menteri Dominic Raab mengatakan, hal itu tidak menyalahi aturan karena Downing Street merupakan tempat kerja sekaligus tempat tinggal Johnson. "Ini jelas bukan pertemuan sosial, karena Anda memiliki orang-orang dengan pakaian kerja, setelah pertemuan yang mereka lakukan di tempat kerja," kata Raab kepada Times Radio.

Partai Buruh oposisi menangkap foto itu, menyebutnya sebagai bukti lebih lanjut bahwa Johnson dan stafnya tidak menganggap serius pembatasan yang telah mereka terapkan pada orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)