Diduga Pernah Gelar Pesta di Kantornya, PM Inggris Dikecam Langgar Prokes

Kamis, 02 Desember 2021 - 06:08 WIB
loading...
Diduga Pernah Gelar Pesta di Kantornya, PM Inggris Dikecam Langgar Prokes
PM Inggris Boris Johnson dikecam karena diduga pernah gelar pesta di kantornya. FOTO/Mirror
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dituduh telah melanggar aturan ketat protokol kesehatan yang ditetapkannya sendiri. Seperti dilaporkan Daily Mirror, Rabu (1/12/2021), lusinan staf Johnson di Downing Street No.10 'berteriak-teriak' di dua pertemuan meriah.

Sebuah sumber mengatakan kepada Mirror: 'Sementara pegawai negeri senior mendesak agar berhati-hati dan ada satu pesan kepada publik, Perdana Menteri memberi kesan bahwa itu bisa sangat santai di No 10.



“Dia (Johnson) akan menutup mata atau pada beberapa kesempatan menghadirkan dirinya sendiri, sementara orang lain terkunci,” kata sumber tersebut.

Pesta Natal staf resmi di kantor PM Inggris tahun lalu memang dilaporkan telah dibatalkan, tetapi dugaan terjadinya pesta di tempat itu terjadi pada 27 November. Dan, pesta Natal tidak resmi, yang tidak dihadiri PM, digelar pada 18 Desember tahun lalu– setelah London pindah ke tingkat ketiga pembatasan lokal.

Kedua pesta itu dihadiri oleh '40 hingga 50' orang, Mirror melaporkan. Dan, satu sumber mengatakan kepada surat kabar itu bahwa ada 'banyak pertemuan sosial' di Downing Street tahun lalu, sementara publik menghadapi pembatasan, nyatanya 'selalu ada pesta' di flat Downing Street milik Johnson.



Seorang juru bicara kantor Johnson tidak menyangkal klaim ini. Menurutnya, 'Aturan Covid telah diikuti setiap saat.' Staf Downing Street, yang digolongkan sebagai pekerja kunci, sering melakukan jam kerja yang sangat panjang di kantor yang aman dari Covid.

"Sulit untuk menengahi karena ada banyak pekerjaan yang terjadi - dari waktu ke waktu hingga dini hari. Mereka umumnya mematuhi aturan, hanya saja peristiwa ini terjadi sesekali yang mendorongnya,” jelas sumber tersebut.

Ditanya tentang dugaan pernah terjadinya pesta di kantor PM Inggris, Menteri Kesehatan Sajid Javid mengklaim bahwa 'semua aturan akan diikuti' jika ada pesta di Downing Street Nomor 10 menjelang Natal tahun lalu.

“Saya tidak hadir, saya tidak tahu siapa yang menghadiri pesta-pesta ini. Tetapi, saya bahkan tidak berpikir ada pesta yang saya ketahui. Tapi intinya adalah, apakah itu di Nomor 10 atau departemen Pemerintah mana pun, semua aturan akan diikuti setiap saat,” ucap Javid.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)