Banjir Malaysia Tewaskan 7 Orang, 50 Ribu Warga Mengungsi

Selasa, 21 Desember 2021 - 00:15 WIB
loading...
A A A


“Curah hujan tahunan di Kuala Lumpur adalah 2.400mm dan ini berarti curah hujan (Jumat) telah melebihi rata-rata curah hujan selama sebulan. Ini sesuatu yang di luar dugaan dan hanya terjadi setiap 100 tahun sekali,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Air (KASA), Zaini Ujang.

Pada akhir pekan, hujan deras menyebabkan sungai meluap, membanjiri kota dan desa dan memutus jalan utama, dengan banyak pengendara terjebak di kendaraan mereka selama berjam-jam. Jumlah pengungsi di seluruh negeri naik menjadi sekitar 51.000 pada hari Senin, menurut data resmi.

Daerah yang paling parah terkena dampak adalah negara bagian timur Pahang, di mana sekitar 32.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Negara bagian Selangor yang terkaya dan terpadat di negara itu, di sekitar ibu kota Kuala Lumpur, juga terkena dampak parah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (NADMA) dikutip mengatakan bahwa tujuh negara bagian dan satu wilayah federal terkena dampak banjir, yaitu Kelantan, Terengganu, Pahang, Melaka, Negeri Sembilan, Selangor, Perak dan Kuala Lumpur.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)