Dahsyatnya Pesta Musik 4 Hari di Arab Saudi, Berhenti Hanya saat Azan dan Salat

Senin, 20 Desember 2021 - 11:34 WIB
loading...
Dahsyatnya Pesta Musik 4 Hari di Arab Saudi, Berhenti Hanya saat Azan dan Salat
Festival musik elektronik MDLBeast Soundstorm 2021 di Riyadh, Arab Saudi. Pesta musik ini hanya berhenti 15 menit saat azan dan salat. Foto/Arab News
A A A
RIYADH - Pesta musik elektronik "MDLBeast Soundstorm 2021" telah berlangsung spektakuler selama empat hari di Riyadh, Arab Saudi . Festival ini hanya berhenti 15 menit saat waktu azan dan salat lima waktu.

Festival "MDLBeast Soundstorm" dimulai sejak 16 Desember dan berakhir 19 Desember 2021. Para penonton pria dan wanita bercampur, menyanyi dan bergoyang mengikuti para penghibur di atas panggung. Mereka juga datang dengan busana skinny jeans robek dan sepatu bot, busana yang tak biasa di kerajaan Islam.

Baca juga: Pangeran Arab Saudi Hadiahkan Mobil ke Pria yang Kendaraannya Mogok di Jalan

Pemandangan seperti ini tak pernah terpikirkan terjadi di Arab Saudi lima tahun lalu.

Festival musik elektronik selama akhir pekan lalu menyoroti reformasi di kerajaan konservatif di bawah Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Hanya dalam beberapa tahun, Pangeran Mohammed telah mencabut larangan wanita mengemudi, melonggarkan segregasi gender dan melucuti kekuasaan polisi agama—yang biasa berkeliaran di jalan-jalan menghukum restoran yang memutar musik.

Sebaliknya, festival "MDLBeast Soundstorm" didukung oleh pemerintah dan termasuk pertunjukan oleh DJ global seperti Tiësto dan Armin van Buuren.

Penyelenggara mengatakan lebih dari 180.000 orang menghadiri malam pembukaan, mendorong batas ketika kerajaan mulai berubah.

“Izinkan kami maju, izinkan kami untuk mewakili diri kami dengan cara yang kami rasa cocok,” kata Pangeran Fahad al-Saud, anggota keluarga kerajaan dan pengusaha yang hadir dengan jaket bermotif psikedelik dan eyeliner berkilau.

"Kami sangat ingin menjadi bagian dari komunitas internasional, tetapi kami tidak dapat menahan diri setiap kali kami mencoba membuat kemajuan karena tidak terlihat seperti yang ingin Anda lihat," katanya lagi, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (20/12/2021).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1644 seconds (10.101#12.26)