Deretan Negara yang Kekurangan Tenaga Kerja, Peluang bagi Imigran

Rabu, 15 Desember 2021 - 17:07 WIB
loading...
Deretan Negara yang Kekurangan Tenaga Kerja, Peluang bagi Imigran
Para pekerja berada di salah satu pabrik di Jerman. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Negara yang kekurangan tenaga kerja harus mencari cara agar sektor ekonomi negaranya dapat berjalan baik. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan menghadirkan tenaga kerja asing untuk membantu di berbagai bidang yang diperlukan.

Negara apa saja yang mengalami kekurangan tenaga kerja? Berikut ulasannya.

1. Jerman

Jerman menjadi salah satu negara yang kekurangan tenaga kerja. Menurut data yang dipublikasikan The Boston Consulting Group dalam laporan berjudul “The Global Workface Crisis”, pasokan tenaga kerja di Jerman tidak mengalami pertumbuhan berarti sepanjang 2012-2020.

Bahkan, terjadi minus 0,40% dalam kurun waktu tersebut. Diprediksikan kekurangan tenaga kerja akan meningkat hingga tahun 2030 mendatang.

Melansir laman DW pada 24 Agustus 2021, Jerman akan menghadapi kekurangan tenaga kerja yang sangat besar.

Namun hal ini akan mampu teratasi apabila Jerman bersedia merekrut banyak imigran kerja dengan keterampilan baik. Umumnya para imigran ini akan menggantikan warga Jerman yang pensiun.

Pada 2021, Jerman memiliki penduduk usia kerja yang menyusut sebanyak 150 ribu dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Atas kondisi tersebut, pemerintah Jerman membutuhkan setidaknya 400 ribu imigran per tahun dengan berbagai profesi, seperti perawat, teknisi, dan akademisi.

2. Polandia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)