AS Tarik Kapal Selam Nuklirnya yang Tabrakan di Laut China Selatan

Selasa, 14 Desember 2021 - 09:49 WIB
loading...
AS Tarik Kapal Selam Nuklirnya yang Tabrakan di Laut China Selatan
USS Connecticut, kapal selam bertenaga nuklir AS yang tabrakan dengan gunung bawah laut di Laut China Selatan pada 2 Oktober 2021. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang tabrakan dengan gunung bawah laut di Laut China Selatan ditarik ke pantai California untuk diperbaiki.

Insiden itu terjadi Oktober 2021 lalu. Pentagon tidak mengungkap tingkat kerusakan kapal seharga USD3 miliar atau lebih dari Rp43 triliun tersebut.

Penarikan kapal selam USS Connecticut dilakukan pada hari Minggu.



USS Connecticut tiba di Teluk San Diego dengan kerusakan signifikan pada haluannya. Mengutip The Drive, Selasa (14/12/2021), kapal selam kelas Seawolf itu kehilangan seluruh kubah sonar haluannya, yang akan membuat perjalanan 6.200 mil (9.950 kilometer) melintasi Pasifik “sangat tidak menyenangkan.”

Menurut US Naval Institute (USNI), kubah sonar yang “tidak dapat dioperasikan” akan membuatnya “tidak aman” bagi kapal selam yang terkena untuk melakukan transit di bawah air.

Media itu juga menambahkan bahwa tangki pemberat dan bagian depan kapal juga telah rusak.

Setelah penilaian kerusakan awal di Guam, kapal itu dijadwalkan untuk menjalani perbaikan tambahan di Galangan Kapal Angkatan Laut Puget Sound dan Fasilitas Pemeliharaan Menengah di Washington.

Namun, tidak jelas mengapa kapal itu justru diarahkan ke San Diego.

Juga tidak diketahui berapa lama perbaikan akan berlangsung atau berapa biayanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)