Terbang Tanpa Sayap: Ini 10 Kereta Tercepat di Dunia

Minggu, 12 Desember 2021 - 11:25 WIB
loading...
Terbang Tanpa Sayap: Ini 10 Kereta Tercepat di Dunia
Deretan 10 kereta tercepat di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Saat dunia menghadapi perubahan iklim, penerbangan jarak pendek terlihat semakin tidak menarik bagi banyak pelancong. Fenomena flygskam (malu terbang) yang dimulai di Skandinavia telah menginspirasi banyak pelancong untuk mengurangi ketergantungan mereka pada maskapai penerbangan.

Alhasil, traveling menggunakan kereta cepat pun menjadi alternatif yang paling efektif untuk perjalanan hingga 1.100 kilometer. Antar-jemput penumpang antara pusat kota dengan kecepatan 290 kph (180 mph) atau lebih, menawarkan kombinasi kecepatan dan kenyamanan yang menarik.

Sejak tahun 1980-an sejumlah negara pun mulai berinvenatasi dalam perkeretaapian baru berkecepatan tinggi, yang dipelopori oleh Shinkansen Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) di Prancis.

Hari ini, dari Asia, Eropa, hingga Timur Tengah dan Afrika jaringan kereta cepat telah dibangun. Lalu negara mana yang mempunyai kereta api tercepat di dunia? Berikut adalah urutan 10 kereta tercepat di dunia yang dinukil dari CNN, Minggu (12/12/2021).

1. Shanghai Maglev - 460 kph/286 mph (China)

Terbang Tanpa Sayap: Ini 10 Kereta Tercepat di Dunia


Kereta umum tercepat di dunia juga unik. Kereta ini adalah satu-satunya jalur di dunia yang saat ini membawa penumpang menggunakan levitasi magnetik (Maglev) daripada roda baja konvensional pada rel baja.

Berdasarkan teknologi Jerman, kereta Maglev terbang di sepanjang jalur yang ditinggikan, magnet yang kuat memberikan perjalanan yang sangat mulus dan bebas gesekan.

Menghubungkan bandara Pudong Shanghai dengan stasiun Longyang Road di pusat kota, kereta ini memiliki kecepatan komersial maksimum 460 kpj, menyelesaikan perjalanan 30 kilometer hanya dalam tujuh setengah menit!

2. CR400 Fuxing - 350 kph/217 mph (China)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)