Prancis Berhasil Evakuasi 300 Orang dari Afghanistan

Minggu, 05 Desember 2021 - 03:00 WIB
loading...
Prancis Berhasil Evakuasi 300 Orang dari Afghanistan
Evakuasi warga sipil dari Afghanistan. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Prancis dan Qatar bersama-sama menjalankan misi kemanusiaan di Afghanistan . Kedua negara itu juga mengirimkan peralatan medis, makanan, dan persediaan musim dingin ke Kabul.

“Prancis telah melakukan misi evakuasi di Afghanistan, membawa 258 warga Afghanistan serta 11 Prancis, sekitar 60 warga negara Belanda dan sejumlah orang yang terkait dengan mereka ke luar negeri,” kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis, Jumat (3/12/2021).

Baca: Taliban: Perempuan Afghanistan Bukan Properti, Tak Boleh Dinikahi Paksa

Menurut Kementerian Luar Negeri Prancis, operasi itu diselenggarakan dengan bantuan dari Qatar. Para pengungsi, termasuk warga Afghanistan yang berisiko, seperti jurnalis dan orang-orang yang memiliki hubungan dengan Prancis, termasuk pekerja sipil yang dipekerjakan oleh tentara Prancis.

“Sejak 10 September, setidaknya 110 orang Prancis dan 396 warga Afghanistan telah dievakuasi dari Afghanistan dalam 10 penerbangan yang diselenggarakan dengan bantuan Qatar,” tambah pernyataan itu.

“Prancis dan Qatar bersama-sama menjalankan misi kemanusiaan, mengirimkan peralatan medis, makanan, dan pasokan musim dingin ke organisasi internasional yang beroperasi di negara itu dengan pesawat militer Qatar,” kata juru bicara kementerian luar negeri Prancis.



Baca: Taliban Protes Tak Bisa Wakili Afghanistan di PBB

Presiden Prancis Emmanuel Macron, dalam kunjungan ke Teluk, memuji Qatar karena membantu mengatur evakuasi terbaru ke Prancis lebih dari 250 warga Afghanistan yang terancam.

“Saya berterima kasih kepada Qatar atas peran yang telah dimainkannya sejak awal krisis, dan yang memungkinkan organisasi beberapa evakuasi,” kata Macron sebelum menuju ke Arab Saudi untuk putaran terakhir dari tur dua harinya di Teluk.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2380 seconds (11.97#12.26)