Terungkap, Macron Sebut PM Inggris Boris Johnson Badut

Jum'at, 03 Desember 2021 - 04:44 WIB
loading...
Terungkap, Macron Sebut PM Inggris Boris Johnson Badut
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Foto/Irish Examiner
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron dilaporkan menyebut Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson sebagai badut. Ia juga mengatakan memalukan melihat negara yang begitu besar, yang bisa diajak bekerja sama oleh Prancis, dijalankan oleh orang bodoh.

Menurut surat kabar satir mingguan Prancis, Le Canard Enchaine, Macron membuat beberapa pernyataan yang sangat kontroversial dan tidak diplomatis tentang koleganya itu selama pertemuan di Zagreb pada akhir November lalu.

Le Canard Enchaine mengklaim pada hari Rabu bahwa Macron mengatakan Johnson meminta maaf atas caranya bertindak di depan umum dan pendiriannya tentang lisensi penangkapan ikan untuk pukat Prancis serta kesepakatan kapal selam yang membuat pabrikan Prancis kehilangan kontrak USD40 miliar dengan Australia.

“Secara pribadi, dia memberi tahu saya bahwa dia menyesal telah bertindak seperti yang dia lakukan, mengakui bahwa dia pertama-tama dan terutama mengakomodasi opini publik,” kata Macron seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (3/12/2021).



Ia menambahkan bahwa Johnson tampaknya menyadari bahwa Brexit sebenarnya adalah kekacauan besar.

Menurut laporan tersebut, Macron menunjuk pada kekurangan bahan bakar dan rak kosong sebagai bukti, meskipun banyak orang telah menolak Brexit sebagai penyebab masalah dari rantai pasokan.

Macron rupanya menggambarkan hubungannya dengan perdana menteri Inggris itu sebagai “sirkus.” Macron mencatat bahwa mereka akan berbicara secara langsung, dan semuanya baik-baik saja, tetapi kemudian dia pergi serta melakukan sesuatu dengan “cara yang tidak elegan.”

Komentar itu tampaknya merujuk pada penerbitan surat Johnson yang ditujukan kepada Macron pada 25 November di mana ia menguraikan rencana untuk menangani krisis migran satu hari setelah 27 orang tewas dalam penyeberangan di Selat Inggris yang gagal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)