Putin: Rusia Segera Punya Rudal Hipersonik Baru Berkecepatan 9 Mach

Selasa, 30 November 2021 - 21:32 WIB
loading...
Putin: Rusia Segera Punya Rudal Hipersonik Baru Berkecepatan 9 Mach
Rusia meluncurkan rudal hipersonik generasi baru dari kapal perang. Foto/Russian Defence Ministry
A A A
MOSKOW - Pada awal November, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tes rudal hipersonik Zirkon hampir selesai. Kini, Putin mengatakan senjata hipersonik dengan kecepatan maksimum 9 Mach akan muncul di Rusia dalam waktu dekat.

“Kami sekarang telah menguji, dan berhasil, dan dari awal tahun kami akan dipersenjatai dengan rudal hipersonik berbasis laut baru, (kecepatan) 9 Mach,” ungkap Putin, dilansir Sputnik pada Selasa (30/11/2021).

Dia menjelaskan, “Moskow sedang mengembangkan senjata hipersonik sebagai tanggapan atas tindakan NATO yang mengancam Rusia.”

Baca juga: Ketegangan Meningkat, Peralatan Militer NATO Dipindahkan ke Perbatasan Rusia

“Hal-hal telah sampai pada titik bahwa sistem pertahanan anti-rudal dikerahkan di Polandia dan Rumania, dan peluncur yang ada di sana, Mk-41, juga dapat dilengkapi dengan sistem serangan Tomahawk. Tapi ini juga menciptakan ancaman bagi kami,” ujar Putin.

Baca juga: Kremlin: Rusia Negara Damai, Tidak Berencana Serang Siapapun



“Yah, ini adalah fakta yang jelas, hal yang jelas. Terlepas dari semua permintaan kami untuk tidak melakukan ini, apa yang telah terjadi? Apa yang kita lihat sekarang. Sebagai tanggapan, kami telah dipaksa, saya ingin menekankan ini, kami telah dipaksa untuk mulai mengembangkan senjata hipersonik. Ini adalah tanggapan kami," tegas Putin.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan sarana kontrol objektif Rusia mendeteksi lebih dari 50 pesawat pengintai dan drone NATO di dekat perbatasannya setiap pekan.

Pada gilirannya, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menunjuk peningkatan "tindakan provokatif." Juru bicara itu menyebutkan meningkatnya kegiatan intelijen dan pengintaian pesawat NATO di wilayah Laut Hitam.

Zircon adalah rudal jelajah hipersonik pertama di dunia yang mampu melakukan penerbangan aerodinamis yang panjang dengan manuver di lapisan atmosfer yang padat menggunakan kekuatan propulsinya sendiri secara eksklusif.

Kecepatan maksimum rudal mencapai sekitar sembilan kecepatan suara. Jangkauan maksimumnya mencapai 1.000 kilometer.
(sya)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2061 seconds (11.252#12.26)