Rekor! 7,9 Ton Sabu-sabu dan 176 Kg Fentanil Disita di San Diego

Selasa, 23 November 2021 - 21:05 WIB
loading...
Rekor! 7,9 Ton Sabu-sabu dan 176 Kg Fentanil Disita di San Diego
Sebanyak 7,9 ton sabu-sabu dan 176 kg Fentamil disita otoritas kemanan AS. Foto/The Guardian
A A A
WASHINGTON - Sebuah truk ditangkap setelah mencoba menyelundupkan metamfetamin alias sabu-sabu dan fentanil dalam jumlah yang memecahkan rekor dari Meksiko ke Amerika Serikat (AS). Demikian pernyataann yang dikeluarkan jaksa federal.

"Lebih dari 7.93ton sabu dan 176 kg fentanil ditemukan Kamis lalu, tersembunyi di dalam trailer-traktor di Pelabuhan Masuk Otay Mesa di San Diego," menurut pernyataan dari Kantor Kejaksaan AS.

"Penyitaan itu adalah yang terbesar untuk kedua jenis narkoba tersebut di AS untuk 2020 dan 2021," kata pernyataan itu lagi seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (23/11/2021).



Menurut pernyataan itu manifes pengemudi menunjukkan truknya berisi suku cadang mobil, tetapi "anomali" terdeteksi di trailer oleh mesin sinar-X dan anjing pelacak obat.

Carlos Martin Quintana-Arias, seorang warga negara Meksiko, menghadapi tuduhan narkoba dari pihak federal. Belum diketahui apakah dia memiliki pengacara.

Penangkapan itu terjadi ketika kematian akibat overdosis di AS melonjak, dan fentanil, opioid sintetis, disalahkan atas peningkatan ini. Narkoba, yang jauh lebih manjur daripada heroin, sering kali masuk ke zat lain seperti obat penghilang rasa sakit atau kokain.



Menurut data yang baru-baru ini dirilis dari CDC jumlah kematian overdosis obat di AS naik hampir 30% selama rentang 12 bulan pandemi, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, fentanil menjadi penyebab dalam lebih dari 60% kematian akibat overdosis.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)